Kena Penalti di F1 GP Rusia 2021, Max Verstappen Malah Senang

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Sabtu 25 September 2021 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 25 37 2476642 kena-penalti-di-f1-gp-rusia-2021-max-verstappen-malah-senang-XkpPrKLrvH.jpg Max Verstappen terkena penalti karena mengganti mesin mobilnya. (Foto/Reuters)

SOCHI - Pembalap Tim Red Bull Racing, Max Verstappen mendapat penalti di F1 GP Rusia 2021, yang akan berlangsung pada Minggu 26 September 2021, besok imbas memutuskan mengganti mesin mobilnya. Namun, pembalap asal Belanda itu justru senang.

Verstappen akan mengganti power unit baru di mobilnya setelah mesin sebelumnya mengalami kerusakan. Kerusakan itu telah terjadi sejak insiden dengan Lewis Hamilton di MotoGP Inggris 2021.

Foto/Reuters

Adapun komponen mesin yang diganti adalah mesin pembakaran internal Honda baru, turbo baru, MGU-H, MGU-K, penyimpanan energi, elektronik kontrol, dan knalpot. Pergantian ini membuat Verstappen mendapat penalti memulai balapan dari grid paling belakang.

Baca juga: Max Verstappen Start Paling Belakang di F1 GP Rusia 2021, Lewis Hamilton Manfaatkan Peluang

Dengan adanya perubahan ini, Verstappen memiliki set-up berbeda di balapan ini dibanding di trek-trek sebelumnya. Hal itu sudah terlihat sejak dua latihan bebas kemarin.

Baca juga: Ogah Pusingkan Persaingan dengan Verstappen, Hamilton Fokus ke Hal Ini Jelang F1 GP Rusia 2021

Terlihat lebih fokus untuk menjajal mesin barunya, Verstappen hanya mampu menjadi yang tercepat ketiga di sesi latihan bebas pertama. Kemudian di latihan bebas kedua, ia turun ke peringkat enam.

Kendati demikian, Verstappen mengatakan keputusan mengganti mesin meski mendapat penalti merupakan yang terbaik di GP Rusia 2021 ini. Ini juga tak lepas dari pertimbangan cuaca di sirkuit Sochi yang akhir-akhir ini tak menentu.

“Kami pikir akan lebih baik untuk mengambil penalti mesin di sini di Rusia, kami mempertimbangkan segalanya sebelum membuat keputusan dan tentu saja kami mempertimbangkan cuaca untuk besok,” ucap Verstappen dikutip laman The Checkered Flag pada Sabtu (25/9/2021).

Foto/Reuters

“Kami harus mengambil penalti di beberapa titik jadi jika kami tidak mengambilnya di sini, kami akan melakukannya di tempat lain,” lanjutnya.

“Untuk set-up, kami mencoba membuat mobil balap terbaik untuk akhir pekan ini meski start dari belakang grid. Saya harap ini akan berhasil dan kami akan mencoba melakukan yang terbaik selama balapan pada hari Minggu, untuk saat ini mari kita tunggu dan lihat seperti apa cuaca besok,” lanjutnya.

Sekadar informasi, Verstappen juga harus menjalani hukuman harus turun tiga grid di GP Rusia 2021 nanti. Hal itu imbas insiden dengan Lewis Hamilton di sirkuit Monza pekan lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini