Ini Alasan Ada Banyak Pemain Muda di Tim Indonesia pada Piala Thomas & Uber 2020

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Senin 20 September 2021 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 40 2474320 ini-alasan-ada-banyak-pemain-muda-di-tim-indonesia-pada-piala-thomas-uber-2020-r5xLbuLzdq.jpg Chico Aura Dwi Wardoyo. (Foto: PBSI)

JAKARTA – Pada ajang Piala Thomas dan Uber 2020, Tim Indonesia diisi dengan sejumlah pebulu tangkis muda. Tentu menarik melihat keputusan PBSI menurunkan para atlet muda yang belum banyak memiliki pengalaman untuk tampil di ajang sebesar Thomas dan Uber.

Lantas apa yang mendasari PBSI sampai berani memainkan para pemain muda seperti halnya kakak beradik Chico Aura Dwi Wardoyo dan Ester Nurumi Tri Wardoyo, Leo Rolly Carnando, Daniel Marthin, serta Putri Syaikah hingga Jesita Putri Miantoro?

Sekadar informasi, Chico berusia 23 tahun, sedangkan adiknya, Ester, menjadi yang termuda dengan usia 17 tahun. Lalu, Leo, Marthin dan juga Putri sama-sama 20 tahun, sementara Putri satu tahun lebih muda dari mereka bertiga.

Baca Juga: Banyak Pemain Muda Turun di Piala Thomas & Uber 2020, PBSI Siapkan Latihan Mental

Chico Aura Dwi Wardoyo

Akan tetapi, pemilihan sejumlah darah muda itu bukan tanpa alasan. Menurut Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, mereka dipilih berdasarkan performa di kejuaraan-kejuaraan terakhir yang mereka ikuti. Dia juga memastikan bahwa mereka siap untuk bertarung untuk memberi poin bagi tim Merah-Putih.

"Dasar pemilihan, intinya dari performa di turnamen-turnamen terakhir juga kami evaluasi dari latihan-latihan mereka. Secara individu mereka yang paling siap dan mumpuni. Saya pastikan mereka siap untuk bertarung dan bukan hanya bertarung tapi mereka juga siap menyumbangkan poin untuk tim," kata Rionny dikutip dari rilis resmi PBSI, Senin (20/9/2021).

Lebih lanjut, Rionny juga menjelaskan bahwa para pemain muda tersebut memiliki ambisi untuk menampilkan yang terbaik untuk Indonesia. Rencananya, pemain yang tidak dibawa ke Piala Sudirman 2021 akan bergabung dengan yang lain di Denmark, yang menjadi venue untuk Piala Thomas & Uber 2020.

"Pemain-pemain muda ini kalau saya lihat di latihan memang sudah sangat baik, mereka sangat termotivasi untuk memberikan yang terbaik. Nanti mereka juga akan menyusul ke Denmark baru bergabung dengan tim di sana,” jelas saudara kandung Rexy Mainaky itu.

“Selama persiapan di Indonesia, saya sudah perintahkan tim pelatih untuk lebih menyiapkan lagi dengan program-program yang ketat. Saya berharap mereka bisa ambil ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya," pungkasnya.

Leo/Daniel. PBSI

Sekadar informasi, Piala Thomas & Uber tahun ini sejatinya digelar pada tahun lalu dan tertunda karena pandemi Covid-19.

Kejuaraan beregu tersebut akan berlangsung pada 9 hingga 17 November 2021 mendatang di Aarhus, Denmark, tepat satu pekan setelah Piala Sudirman 2021 selesai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini