Banyak Pemain Muda Turun di Piala Thomas & Uber 2020, PBSI Siapkan Latihan Mental

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 20 September 2021 20:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 40 2474280 banyak-pemain-muda-turun-di-piala-thomas-uber-2020-pbsi-siapkan-latihan-mental-KNCvEodRs7.jpg Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. (Foto: PBSI)

JAKARTA Piala Thomas & Uber 2020 dipastikan akan digelar di Aarhus, Denmark pada 9-17 Oktober 2021. Indonesia pun pada hari ini, Senin (20/9/2021) telah mengumumkan siapa perwakilan tim Thomas dan tim Uber yang akan turun di ajang tersebut.

Menariknya dari daftar nama yang sudah diumumkan itu, ada sejumlah atlet-atlet muda yang dipanggil ke dalam ajang bergengsi tersebut. Sebut saja seperti kakak beradik Chico Aura Dwi Wardoyo dan Ester Nurumi Tri Wardoyo, Leo Rolly Carnando, Daniel Marthin, Putri Syaikah hingga Jesita Putri Miantoro.

Keputusan PBSI yang memanggil para pemain muda untuk tampil di ajang Piala Thomas & Uber 2020 pun bisa dikatakan berani. Mengingat mereka para pebulu tangkis muda itu minim pengalaman dan tekanan dari tim-tim negara lain jelas patut diperhatikan juga.

Baca JugaL Persiapan Piala Sudirman 2021, Piala Thomas dan Uber, Tim Indonesia Dapat Bimbingan Nonteknis

Leo/Daniel. PBSI

Sadar bahwa tekanan dari tim lain bisa sangat membahayakan, PBSI lantas menyiapkan latihan mental untuk para atlet bulu tangkis muda tersebut. Seperti yang dikatakan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, para atlet muda kini diminta latihan sparring dengan para senior.

Cara tersebut dilakukan agar setidaknya para pebulu tangkis muda yang akan tampil di Piala Thomas & Uber 2020 tahu menghadapi lawan-lawan yang berpengalaman. Selain itu para atlet muda juga dibekali pengetahuan apa saja masalah dan tekanan saat bermain secara tim.

Semua itu dilakukan dengan maksud para atlet muda siap menghadapi skenario apa pun saat ajang Piala Thomas dan Uber 2020 berlangsung Oktober nanti.

“Supaya mereka tidak minder karena pertama kali ikut di ajang beregu, saya juga sudah meminta mereka dalam beberapa minggu terakhir ini untuk sparring bersama senior-seniornya,” jelas Rionny, seperti yang dilaporkan PBSI, Senin (20/9/2021).

Chico Aura Dwi Wardoyo

“Saya juga sering mengingatkan mereka secara pribadi apa saja tekanan yang ada di dalam tim dan bagaimana mengantisipasinya. Ini untuk memperkuat mental mereka,” sambungnya.

Masing-masing dar tim Thomas dan Uber akan diperkuat oleh 12 nama atlet. Sejumlah pemain senior dan muda bercampur menjadi satu dan berharap bisa tampil maksimal saat kompetisi berlangsung,

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini