F1 GP Belgia 2021 Terganggu Hujan Deras, Lewis Hamilton Kasihani Penonton

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Senin 30 Agustus 2021 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 37 2463272 f1-gp-belgia-2021-terganggu-hujan-deras-lewis-hamilton-kasihani-penonton-RyJxS8H544.jpg Lewis Hamilton kasihan pada penonton yang tidak bisa menikmati balapan F1 GP Belgia 2021 (Foto: Reuters)

STAVELOT – Balapan Formula One (F1) GP Belgia 2021 tidak berjalan lancar karena hujan deras. Aksi para pembalap pun hanya tersaji sesaat karena hujan deras membuat balapan di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, Minggu 30 Agustus 2021, malam WIB, terhenti di tengah jalan.

Hal itu membuat pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton, merasa para fans telah ‘dirampok.' Seperti yang diketahui, balapan diguyur hujan deras sehingga sempat tertunda pelaksanannya. Akan tetapi, setelah menunggu selama 3 jam 44 menit, akhirnya balapan tersebut diputuskan tetap berlanjut.

Lewis Hamilton (Foto: Reuters)

Meski tetap digelar, balapan itu hanya berlansung selama dua putaran dan tidak ada persaingan di dalamnya karena harus mengikuti Safety Car. Alhasil, kemenangan jatuh kepada Max Verstappen (Red Bull Racing).

Hamilton, yang diputuskan finis ketiga, menyebut itu dilakukan hanya untuk memenuhi kewajiban kepada media yang menyiarkan. Dia pun menilai uang para fans, yang datang secara langsung, harus dikembalikan.

“Uang berbicara dan dua lap yang digelar semuanya adalah skenario soal uang,” kata Hamilton dilansir dari WA Today, Senin (30/8/2021).

BACA JUGA: Lewis Hamilton Yakin Mercedes Makin Apik di Paruh Kedua F1 GP 2021

“Jadi, semua orang (pihak penyelenggara) mendapatkan uang mereka. Saya pikir para penggemar juga harus mendapatkan uangnya kembali karena sayangnya mereka tidak bisa melihat apa yang mereka bayar,” imbuhnya.

Pembalap asal Inggris itu berpendapat, bahwa balapan itu seharusnya tidak perlu digelar sama sekali. Menurutnya, masalah cuaca memang tidak bisa dikendalikan dan jika balapan tetap dilanjutkan, akan memakan banyak korban.

“Jelas, kami tidak bisa mengendalikan cuaca dan saya suka balapan di tengah hujan, tapi hari ini adalah sesuatu yang lain. Mobil di depan benar-benar tidak terlihat, ada aquaplaning dan hanya akan ada bencana di trek,” jelas pria bertinggi 174 cm itu.

Juara dunia tujuh kali itu pun memuji penonton karena telah menunggu berjam-jam di bawah guyuran hujan. Akan tetapi, penonton sayangnya hanya disuguhi balapan tak kompetitif yang digelar sebanyak dua lap.

Lewis Hamilton (Foto: Reuters)

“Namun, para penggemar tetap berada di luar di tengah hujan. Mereka masih memiliki energi, mereka masih menciptakan atmosfer, tetapi mereka ‘dirampok’ dari perlombaan hari ini. Saya pikir mereka pantas mendapatkan uang mereka kembali," ujar pembalap 36 tahun itu.

“Saya kira Anda harus menunda balapan ini dan melanjutkannya (di lain waktu). Kami harus benar-benar memuji para penggemar yang telah berada di sana selama tiga hari di tengah hujan, mereka telah menunggu balapan digelar,” tuturnya.

Sementara itu, hasil balapan F1 GP Belgia 2021 membuat jarak antara Hamilton, sebagai pemuncak klasemen sementara, dengan Verstappen memendek. Hamilton mengumpulkan 202,5 poin, sedangkan Verstappen 199,5 poin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini