9 Macam Passing dalam Permainan Bola Basket dan Cara Melakukannya

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 25 Agustus 2021 00:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 43 2460615 9-macam-passing-dalam-permainan-bola-basket-dan-cara-melakukannya-5I6K9MbYJ1.jpg 9 macam passing dalam permainan basket (Foto: Shutterstock)

9 macam passing dalam permainan bola basket dan cara melakukannya penting untuk diketahui bagi Anda yang ingin menekuni olahraga ini. Sebab, passing adalah hal dasar dalam basket.

Tanpa passing, sebuah strategi dalam permainan basket tidak akan berjalan. Berikut sembilan macam passing dalam permainan bola basket.

BACA JUGA: 15 Manfaat Bermain Badminton bagi Kesehatan Tubuh

9. Baseball Pass

9 macam passing dalam permainan bola basket baseball pass

(Baseball pass mirip, seperti melempar bola dalam permainan baseball Foto: Istimewa)

Teknik pertama adalah baseball pass. Teknik ini digunakan untuk mengoper bola kepada rekan tim dalam jarak jauh. Pertama, posisikan salah satu kaki Anda ke depan. Lalu, gunakan satu tangan untuk memegang bola dan tangan, yang tidak dipakai untuk mengoper bola, dalam posisi yang menyeimbangkan tubuh.

Kemudian, pusatkan berat badan ke belakang dan lakukan ancang-ancang, lalu lempar bola ke rekan setim yang dituju. Waktu terbaik untuk melepaskan bola, yaitu saat tangan lurus ke depan.

8. Behind the Back Pass

9 macam passing dalam permainan bola basket behind the back pass

(Behind the back pass butuh kerja sama yang baik dengan rekan setim Foto: Istimewa)

Behind the back pass adalah teknik passing bola basket yang bertujuan untuk mengelabui lawan. Teknik ini butuh jam terbang karena tidak semua pemain bisa melakukannya dengan benar.

Pertama, pegang bola basket menggunakan satu tangan dengan posisi tepat di belakang punggung. Lalu, oper bola dengan cepat kepada rekan setim. Sebelum melempar, pastikan posisi rekan setim Anda karena dia pun harus siap menerima bola agar teknik ini berhasil.

7. Bounce Pass

9 macam passing dalam permainan bola basket bounce pass

(Bounce pass dipakai saat kesulitan menemukan celah untuk mengoper Foto: Istimewa)

Teknik bounce pass dilakukan dengan memantulkan ke lantai di titik 2/3 jarak antara Anda dengan rekan setim. Teknik ini cocok dipakai jika lawan menjaga Anda dengan ketat.

Pertama, pegang bola dengan kedua tangan setinggi dada. Lakukan lemparan menggunakan kedua tangan dengan cara mendorong bola ke arah bawah dengan jarak sekira 1/3 ke rekan tim yang akan menerima bola.

6. Chest Pass

9 macam passing dalam permainan bola basket chest pass

(Chest pass dipakai saat dalam keadaan bebas Foto: Istimewa)

Chest pass adalah teknik mengoper bola dari arah depan lebih tepatnya di depan dada. Teknik ini digunakan saat dalam keadaan bebas.

Posisi awal dalam teknik ini sama, seperti bounce pass, yaitu memegang bola setinggi dada. Buka kaki selebar bahu, lalu codongkan badang ke depan. Setelah itu, lempar bola dari dada ke dada rekan setim Anda. Sesuaikan kekuatan lemparan Anda dengan jarak rekan setim Anda.

5. Hand off Pass

9 macam passing dalam permainan bola basket hand off pass

(Hand off pass dipakai saat dijaga ketat lawan sehingga tidak bisa melakukan dribble Foto: Istimewa)

Hand off Pass dilakukan dengan memberikan bola kepada rekan setim tanpa melempar. Hand off pass cocok digunakan ketika tidak bisa melakukan dribble atau dijaga ketat.

Pertama, ambil posisi dengan membelakangi lawan yang menjaga ketat Anda. Saat rekan setim Anda datang, lakukan pick and roll. Jika rekan setim Anda datang dari kiri, kaki kiri Anda maju selangkah untuk menutup celah. Ingat, bola harus dalam posisi under hand agar rekan setim Anda mudah mengambilnya.

4. Hook Pass

9 macam passing dalam permainan bola basket hook pass

(Hook pass didahului dengan lompatan Foto: Istimewa)

Hook pass adalah teknik mengoper menggunakan satu lengan yang didahului dengan lompatan. Pertama, Anda dan rekan setim Anda harus sama-sama melakukan drive atau transisi. Kemudian, taruh bola di dekat pundak dan telinga. Selanjutnya, angkat bola, lalu oper bola dengan akurat kepada rekan setim.

3. One-Hand Push/Shoulder Pass

9 macam passing dalam permainan bola basket one-hand pass

(One-hand pass digunakan dalam posisi triple threat Foto: Istimewa)

One-Hand Push adalah salah satu cara mengoper bola dengan menggunakan satu tangan dalam posisi triple threat. Teknik ini menitikberatkan pada siku Anda.

Pertama, gunakan tangan kanan atau kiri untuk memegang bola, lalu oper sisi kanan atau kiri. Kelabui lawan sebelum mengoper, kemudian lempar bola di samping telinga lawan ke arah rekan setim Anda.

2. Overhead Pass

9 macam passing dalam permainan bola basket overhead pass

(Overhead pass lebih baik dipakai saat rekan setim Anda berpostur tinggi Foto: Istimewa)

Overhead pass, seperti namanya, adalah teknik mengoper bola kepada rekan setim Anda dengan melewati kepala lawan. Teknik ini untuk menghindari lawan yang berada tepat di depan Anda. Patut dicatat, teknik ini baik digunakan jika rekan setim Anda berpostur lebih tinggi.

Pertama, posisikan tubuh Anda di depan rekan setim Anda dan buka kedua kaki selebar bahu. Selanjutnya, posisikan bola di atas kepala, lalu lempar melewati kepala lawan. Untuk menambah kekuatan lemparan, luruskan kedua lutut kaki ketika melempar.

1. Underhand Pass

9 macam passing dalam permainan bola basket underhand pass

(Underhand pass lebih baik dikombinasikan dengan fake shoot Foto: Istimewa)

Underhand pass adalah teknik melempar bola dari bawah dengan posisi tangan Anda di belakang dan melakukan dorongan ke depan sehingga bola meluncur ke rekan setim Anda. Teknik ini dapat didahului fake shot agar lawan melakukan posisi blok sehingga lawan tidak bisa menjangkau bagian bawahnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini