Ardy B Wiranata Legenda Indonesia yang Rekornya Disamai Taufik Hidayat, Begini Kabar Terkininya

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 25 Agustus 2021 20:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 40 2461146 ardy-b-wiranata-legenda-indonesia-yang-rekornya-disamai-taufik-hidayat-begini-kabar-terkininya-QkxKaYpTKG.jpg Legenda bulu tangkis Indonesia Ardy B Wiranata (Foto: Istimewa)

ARDY Bernardus Wiranata merupakan legenda bulu tangkis Indonesia yang berjaya pada era 1990-an. Berbagai prestasi gemilang ditorehkan Ardy yang turun di sektor tunggal putra itu. Ardy sukses di BWF Series, Kejuaraan Dunia, Olimpiade, Piala Thomas, dll.

Ardy pun menjadi raja di Tanah Air dengan enam kali menjadi juara Indonesia Open. Sekadar informasi, Indonesia Open masuk dalam kategori BWF World Tour Super 1000, seperti All England dan China Open.

Legenda bulu tangkis Indonesia Ardy B Wiranata (Foto: PB Djarum)

Sebanyak enam gelar Indonesia Open, yang diraih Ardy, menjadi rekor hingga sekarang. Belum ada yang mampu memecahkannya, bahkan legenda bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat, hanya mampu menyamainya. Selain Taufik, legenda bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei, adalah orang ketiga yang mampu enam kali menjuarai Indonesia Open.

Ardy meraih gelar Indonesia Open pertamanya pada 1990. Di final, Ardy mengalahkan kompatriotnya, Eddy Kurniawan, dalam dua gim langsung dengan skor 15-10 dan 15-5.

Ardy mengulang kesuksesannya pada Indonesia Open 1991. Gelar didapatkan Ardy setelah berjuang keras untuk mengalahkan tunggal putra Indonesia lainnya, Joko Supriyanto, dengan skor 15-7, 6-15, dan 15-9.

BACA JUGA: Soal Klaim Taufik Hidayat yang Hampir Disuap di Asian Games 2006, Ini Respons Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia

Dia pun mencetak sejarah dengan menjadi tunggal putra pertama yang juara Indoensia Open tiga kali beruntun pada 1992. Kembali melawan Joko Supriyanto di final, Ardy kali ini menang dalam dua gim langsung dengan skor 15-9 dan 15-8.

Ardy gagal menjuarai Indoensia Open pada 1993, tetapi gelar itu kembali kepadanya setahun berselang. Ardy menggenapi gelar Indonesia Open koleksinya menjadi enam dengan menjadi yang terbaik pada 1995 dan 1997. Setahun berselang, Ardy memutuskan pensiun dari dunia bulu tangkis.

Sementara itu, Taufik meraih gelar Indonesia Open pertama pada 1999, lalu dia mengulang prestasi serupa pada edisi berikutnya. Sempat gagal pada 2001, Taufik mampu meraih tiga gelar Indonesia Open secara beruntun pada 2002-2004. Gelar Indonesia Open keenam Taufik diraihnya pada 2006.

Setelah Taufik, Chong Wei yang merajai Indonesia Open miulai dari edisi 2007. Chong Wei gagal mempertahankan gelar Indonesia Open setahun berselang karena kalah dari tunggal putra Indonesia, Sony Dwi Kuncoro.

Legenda bulu tangkis Indonesia Ardy B Wiranata (Foto: PB Djarum)

Kegagalan itu dibayar tuntas Chong Wei dengan meraih gelar Indonesia Open tiga kali beruntun pada 2009-2011. Chong Wei pun mengikuti jejak Ardy dan Taufik yang menjuarai Indonesia Open tiga kali beruntun. Lalu, dua gelar Indonesia Open terakhir Chong Wei diraih pada 2013 dan 2016.

Kini, Ardy sudah pindah kewarganegaraan dari Indonesia menjadi Kanada sejak 2014 bersama sang istri, Elisabeth Tamzil dan putra tunggalnya, Shawn Wiranata. Meski begitu, Ardy tetaplah legenda bulu tangkis Indonesia dengan semua prestasinya di masa lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini