Soal Klaim Taufik Hidayat yang Hampir Disuap di Asian Games 2006, Ini Respons Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 25 Agustus 2021 18:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 40 2461106 soal-klaim-taufik-hidayat-ini-respons-asosiasi-bulu-tangkis-malaysia-pIyS0iETW5.jpg Taufik Hidayat menolak suap dari oknum ofisial BAM di Asian Games 2006 (Foto: Okezone)

KUALA LUMPUR – Presiden Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM), Tan Sri Norza Zakaria, memberi respons atas pengakuan legenda bulu tangkis Indoensia, Taufik Hidayat. Taufik mengaku pernah coba disuap oleh oknum ofisial BAM saat tampil di Asian Games 2006 di Doha, Qatar.

Semua ini berawal dari pengakuan Taufik saat menjadi bintang tamu di salah satu acara televisi swasta. Dia menceritakan pengalamannya menolak suap yang ditawarkan oknum oknum ofisial BAM untuk mengalah dari Lee Chong Wei di semifinal Asian Games 2006.

Taufik Hidayat mennolak suap dari oknum ofisial BAM saat tampil di Asian Games 2006

Tawaran tersebut cukup besar untuk waktu itu. Sebab, oknum ofisial BAM mengiming-imingi Taufik dengan dengan uang dua kali lipat dari hadiah medali emas Asian Games 2006. Saat itu, hadiah medali emas Asian Games adalah Rp225 juta.

Namun, Taufik mementingkan kehormatan bangsa sehingga menolak tawaran tersebut. Taufik pun mengalahkan Chong Wei dalam dua gim langsung dengan skor 21-16 dan 21-18.

BACA JUGA: Taufik Hidayat Pernah Coba Disuap Oknum Ofisial Malaysia di Asian Games 2006, Lee Chong Wei pun Kaget

Selanjutnya, Taufik menundukkan tunggal putra China, Lin Dan, di final untuk merebut medali emas. Sementara itu, Chong Wei dan Lee Hyun-il asal Korea Selatan, yang dikalahkan Lin Dan di semifinal lainnya, mendapatkan medali perunggu.

Chong Wei, yang merupakan legenda bulu tangkis Malaysia dan juga sahabat Taufik, ternyata juga baru tahu soal itu. Dia pun menelefon Taufik untuk mencari tahu keberanannya.

Setelah berbicara dengan Taufik, Chong Wei mengaku tahu oknum yang coba menyuap sahabatnya itu. Secara tegas, Chong Wei mengaku senang dengan keputusan Taufik menolak suap tersebut demi harga diri bangsa.

“Syukurlah, untuk orang-orang seperti Taufik dan saya, kebanggaan bangsa selalu didahulukan. Saya tahu siapa orangnya, tetapi sudah lama sekali hal ini terjadi. Saya yakin kami semua harus move on. Saya tidak ingin menyebut nama atau mempermalukan siapa pun," kata Chong Wei kepada Timesport, dikutip dari NST, Rabu (25/8/2021).

 Lee Chong Wei bangga dengan Taufik Hidayat yang menolak suap

Sementara itu, Tan Sri Norza Zakaria siap membantu Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) jika ingin menyelidiki kasus ini. Akan tetapi, dia ingin pengakuan Taufik diverifikasi lebih dulu.

"Saya sudah bilang ke Datuk Kenny (Goh, sekjen BAM) untuk mengecek klaim Taufik. Kita perlu melakukan verifikasi untuk memastikan kebenaran hal tersebut," kata Presiden BAM Tan Sri Norza Zakaria, dikutip dari The Star.

"Berdasarkan pernyataan Taufik dan Chong Wei, saya percaya BWF semestinya sudah memiliki dasar untuk melakukan penyelidikan. Kami akan membantu sebisa mungkin jika dibutuhkan," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini