Hendrawan Peraih Medali Olimpiade Sydney 2000 yang Bersinar di Negeri Seberang, Begini Kabar Terkininya

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 19 Agustus 2021 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 19 40 2457982 hendrawan-peraih-medali-olimpiade-sydney-2000-yang-bersinar-di-negeri-seberang-begini-kabar-terkininya-QScOt9BhOK.jpg Hendrawan peraih medali perak Olimpiade Sydney 2000 yang kini melatih di Malaysia (Foto: Instagram/@hendrawanbadminton)

HENDRAWAN merupakan salah satu talenta terbaik Indonesia di dunia bulu tangkis pada sektor tunggal putra. Nama pria kelahiran Malang ini dikenal pada era 1990-an.

Karier Hendrawan tidaklah mulus. Sebab, Hendrawan sempat berada di bawah bayang-bayang tunggal putra Indonesia lainnya.

Lee Chong Wei dan Hendrawan (Foto: Instagram/@leechongweiofficial)

Namun, seiring waktu berjalan, Hendrawan bisa menunjukkan kualitasnya. Berbagai prestasi pun diraih oleh pria yang kini berumur 49 tahun itu.

Prestasi tertinggi Hendrawan adalah meraih medali perak Olimpiade Sydney 2000. Selain itu, Hendrawan juga bisa menjadi yang terbaik di Kejuaraan Dunia 2001.

Namun, Hendrawan tidak hanya sukses di ajang individu, tetapi juga beregu. Hendrawan adalah bagian dari Tim Indonesia yang meraih tiga Piala Thomas secara beruntun pada 1998-2002.

BACA JUGA:  Candra Wijaya Peraih Medali Emas Olimpiade Sydney 2000 yang Tak Bisa Lepas dari Bulu Tangkis, Begini Kabarnya Sekarang

Setahun setelah Piala Thomas 2002, Hendrawan pensiun dari dunia bulu tangkis. Dia pun terjun ke dunia kepelatihan dengan melatih di Tim Indonesia.

Hendrawan berjasa dalam mengantarkan tunggal putri Indonesia, Maria Kristin Yulianti, meraih medali perunggu Olimpaide Beijing 2008. Pada 2009, Hendrawan pergi ke Malaysia untuk melatih di sana.

Tangan dingin Hendrawan pernah membesut para pebulu tangkis hebat Malaysia. Contohnya, Lee Chong Wei yang dilatih Hendrawan selama lima tahun. Bersama Hendrawan, Chong Wei bahkan menerima julukan Raja Super Series karena sering menjuarai turnamen.

Kini, Hendrawan melatih tunggal putra Malaysia lainnya, yaitu Lee Zii Jia. Sayangnya, Zii Jia gagal di Olimpiade Tokyo 2020 setelah kalah oleh Cheng Long (China) pada babak 16 besar.

Hendrawan kini melatih di Malaysia (Foto: Instagram/@hendrawanbadminton)

Kegagalan di Olimpiade Tokyo 2020 menandakan Hendrawan masih memiliki pekerjaan rumah untuk membangkitkan mental dan meningkatkan performa Zii Jia. Meski begitu, dengan pengalamannya sebagai pemain dan pelatih, Hendrawan seharusnya bisa melakukan itu.

Sementara itu, jika tugas Hendrawan di Malaysia sudah selesai, tentu pencinta bulu tangkis Tanah Air ingin dia kembali ke Indonesia. Tangan dingin Hendrawan diharapkan mampu memoles talenta-talenta muda yang kelak menjadi tumpuan Indonesia di masa depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini