Candra Wijaya Peraih Medali Emas Olimpiade Sydney 2000 yang Tak Bisa Lepas dari Bulu Tangkis, Begini Kabarnya Sekarang

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 19 Agustus 2021 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 19 40 2457824 candra-wijaya-peraih-medali-emas-olimpiade-sydney-2000-yang-tak-bisa-lepas-dari-bulu-tangkis-begini-kabarnya-sekarang-xBcz4xpyUX.jpg Candra Wijaya peraih medali emas Olimpiade Sydney 2000 (Foto: Instagram/@cwibc1)

CANDRA Wijaya adalah salah satu talenta bulu tangkis terbaik Indonesia pada era 1990-an dan 2000-an. Candra biasa turun di sektor ganda putra dan ganda campuran. Setelah pensiun pada 2013 silam, Candra pun tidak bisa lepas dari dunia tepok bulu.

Sebagaimana diketahui, Candra merupakan pebulu tangkis spesialis ganda. Pria, yang kini berumur 45 tahun itu, pernah berpartner Ade Sutrisna, Sigit Budiarto, Tony Gunawan, Nova Widianto, Eliza Nathael dan Jo Novita.

Candra Wijaya/Sigit Budiarto

Bersama mereka, Candra mengukir banyak prestasi gemilang. Akan tetapi, masyarakat Indonesia lebih mengenal Candra saat berpasangan dengan Sigit Budiarto dan Tony Gunawan di ganda putra.

Bersama Sigit Budiarto, Candra meraih banyak gelar prestisius, seperti menjadi yang terbaik di Kejuaraan Dunia 1997. Saat berpasangan Tony Gunawan, Candra pun penen prestasi yang salah satunya mungkin paling berkesan untuk pria kelahiran Cirebon itu.

BACA JUGA: Ardy B Wiranata si Raja Indonesia Open yang Rekornya Belum Pecah hingga Sekarang

Candra dan Tony Gunawan meraih medali emas Olimpiade Sydney 2000. Setelah itu, Candra tidak berhenti untuk mengukir prestasi bahkan saat usianya tidak muda lagi.

Jelang akhir kariernya, Candra bermain sebagai pebulu tangkis independent. Dia pun bergabung kembali dengan Tony Gunawan yang telah pindah ke Amerika Serikat. Pasangan Candra dan Tony Gunawan mampu menjuarai Indonesia Open dan Japan Open pada 2006.

Candra tidak hanya sukses sebagai dalam ajang individu, tetapi juga beregu. Candra menjadi bagian dari Tim Indonesia yang tiga kali beruntun menjuarai Piala Thomas pada 1998, 2000, dan 2002.

Segudang prestasi itu menjadi bekal bagi Candra saat pensiun pada 2013 silam. Setelah pensiun, Canda Wijaya tetap bergelut di dunia bulu tangkis.

Candra Wijaya/Tony Gunawan

Candra menjadi pengusaha dengan dengan membangun GOR bulu tangkis di Serpong, Tangerang Selatan, dengan nama โ€˜Candra Wijaya International Badminton Center.โ€™ Candra pun membina dan melatih di klub bulu tangkisnya sendiri.

Kegiatan Candra terkini bisa Anda lihat di instagram-nya, @cwibc1. Rasa cinta Candra pada bulu tangkis membuatnya tergerak untuk menelurkan talenta-talenta muda yang bisa menjadi tumpuan Indonesia di masa depan. Terima kasih Candra!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini