Susah Payah Finis sebagai Runner-up di F1 GP Hungaria 2021, Sebastian Vettel Justru Didiskualifikasi, Kok Bisa?

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 04:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 37 2449336 susah-payah-finis-sebagai-runner-up-di-f1-gp-hungaria-2021-sebastian-vettel-justru-didiskualifikasi-kok-bisa-rMVQodD2dR.JPG Momen Vettel merayakan posisi runner-up di F1 GP Hungaria 2021. (Foto: Reuters)

MOGYOROD – Kabar mengejutkan datang dari ajang balapan Formula One (F1), di mana pembalap Tim Aston Martin, Sebastian Vettel didiskualifikasi dari balapan GP Hungaria 2021. Dengan adanya didiskualifikasi itu, maka keberhasilan Vettel finis sebagai runner-up kini ditarik oleh pihak F1.

Vettel dipastikan tidak lagi runner-up F1 GP Hungaria 2021. Posisinya pun digantikan oleh Lewis Hamilton (Mercedes AMG Petronas) yang pada balapan di Sirkuit Hungaroring, Hungaria, tersebut finis di urutan ketiga.

Lalu peringkat ketiga menjadi milik Carlos Saint Jr (Scuderia Ferrari) yang mengakhiri balapan penuh drama di Hungaroring tersebut di urutan keempat. Jadi, setiap pembalap yang mencapai finis di GP Hungaria kini naik satu peringkat.

Baca Juga: Hasil Balapan F1 GP Hungaria 2021: Kejutan, Esteban Ocon Menang untuk Pertama Kalinya

Sebastian Vettel didiskualifikasi

Lantas apa yang menyebab Vettel sampai didiskualifikasi? Menurut laporan dari pihak F1, itu semua terjadi karena mobil Vettel tak memenuhi syarat minimal bahan bakar yang tersedia di mobil usai balapan.

Menurut peraturan teknis di F1, setiap mobil minimal harus menyisakan satu liter bahan bakar untuk dijadikan sampel. Tetapi, mobil Vettel nyatanya hany memiliki 0,3 liter bahan bakar saja.

Gara-gara hal itulah Vettel pun didiskualifikasi dari balapan F1 GP Hungaria 2021 dan menggagalkan keberhasilannya finis sebagau runner-up. Tentu hal itu benar-benar menjadi sebuah kejutan.

Apalagi berkat masalah itu, Hamilton kini naik ke peringkat kedua dan otomatis pembalap asal Inggris tersebut semakin menjauhi Max Verstappen (Red Bull Racing). Pada saat ini Verstappen berada di urutan kedua pada klasemen sementara pembalap F1 2021 dan memiliki perbedaan delapan poin dengan Hamilton.

“Para Steward sudah mendengar dari perwakilan tim. Setelah balapan, ternyata tidak bisa mengambil sampel 1,0 liter bahan bakar dari mobil 5 (milik Vettel). Tim diberi beberapa kesempatan untuk mencoba mengeluarkan jumlah bahan bakar yang dibutuhkan dari tangki, namun hanya mereka hanya bisa mengoleksi 0,3 liter bahan bakar,” bunyi pernyataan pihak F1 yang dikutip dari laman resmi, Senin (2/8/2021).

“Saat audiensi di hadapan Technical Delegate FIA dan Technical Director FIA, Prinsipal Aston Martin menyatakan bahwa ada sisa 1,44 liter di tangki, tetapi mereka tidak bisa mengeluarkannya. Angka ini sudah dihitung. menggunakan model FFM atau injector,” lanjut keterangan F1.

Sebastian Vettel

"Mengingat situasi ini, mobil No. 5 tidak memenuhi persyaratan Pasal 6.6 Peraturan Teknis FIA. Menurut Pasal 6.6.2, pembalap harus memastikan bahwa sampel bahan bakar 1,0 liter dapat diambil dari mobil setiap saat. Prosedur telah dilakukan, namun sampel 1,0 liter bahan bakar tidak dapat diambil (dari mobil Vettel,” tambah pernyataan Steward.

"Para Steward memutuskan untuk menerapkan hukuman standar untuk pelanggaran teknis. Pembalap diingatkan bahwa mereka memiliki hak untuk mengajukan banding atas keputusan Steward tersebut, sesuai dengan Pasal 15 Kode Olahraga Internasional FIA dan Pasal 10.1.1 Peraturan Peradilan dan Disiplin FIA, dalam batas waktu yang berlaku,” imbuh pihak F1 tersebut.

Jadi, karena alasan itulah Vettel didiskualifikasi dari F1 GP Hungaria 2021. Keputusan itu menambah kejadian yang tak terduga selama balapan di Sirkuit Hungaroring itu berlangsung, di mana salah satu yang peling mengejutkan adalah tabrakan beruntun yang diawali oleh ulah Valtteri Bottas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini