Makin Panas, Hamilton Dituduh Ganggu Verstappen saat Kualifikasi F1 GP Hungaria 2021

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Minggu 01 Agustus 2021 07:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 01 37 2449097 makin-panas-hamilton-dituduh-ganggu-verstappen-saat-kualifikasi-f1-gp-hungaria-2021-Z46MtAmUso.JPG Max Verstappen beri selamat kepada Lewis Hamilton yang rebut pole position di F1 GP Hungaria 2021. (Foto: Reuters)

MOGYOROD – Situasi antara Lewis Hamilton dengan Max Verstappen kembali memanas jelang balapan Formula One (F1) GP Hungaria 2021. Hal itu tak terlepas dari adanya tuduhan yang mengatakan Hamilton sengaja menganggu Verstappen saat kualifikasi GP Hungaria 2021 berlangsung, tepatnya pada Sabtu 31 Juli 2021.

Seperti yang diketahui, pada sesi kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Hungaroring, Hungaria kemarin, Hamilton sukses merebut pole position dengan catatan waktu 1 menit 15,419 detik. Sementara Verstappen hanya bisa mengantarkan tim Red Bull Racing tersebut menempati peringkat ketiga.

Verstappen lantas dianggap bisa saja mendapatkan waktu yang jauh lebih baik jika tak diganggu saat sesi kualifikasi berlangsung. Gangguan yang dimaksud itu terjadi di percobaan terakhir pada saat sesi kualifikasi ketiga berlangsung.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi F1 GP Hungaria 2021: Lewis Hamilton Sukses Rebut Pole Position

Lewis Hamilton

Pada saat itu, Verstappen sedang mencoba untuk melewati catatan waktu terbaik Hamilton. Verstappen yang sedang pemanasan di lintasan tak bisa melaju dengan cepat karena ada sosok Hamilton yang berada di depannya dan berjalan sangat pelan.

Momen tersebutlah yang dianggap Hamilton telah menganggu Verstappen untuk mendapatkan catatan waktu terbaik. Mendapatkan tuduhan tersebut, pembalap Mercedes AMG Petronas itu langsung memberikan sanggahan.

Menurut pemaparan Hamilton, ia tak pernah merasa mengganggu atau bahkan menghambat laju Verstappen. Menurutnya adalah hal yang wajar memelankan laju mobilnya ketika ingin mendinginkan ban untuk mempersiapkan percobaan meraih catatan waktu yang lebih baik.

Hamilton tak setuju jika disebut melakukan taktik untuk menghambat Verstappen. Sebab menurutnya tanpa taktik sekali pun, ia sudah yakin mobil Mercedes bisa melaju sangat kencang di Sirkuit Hungaroring tersebut.

“Jika itu dibuat dengan sengaja ,maka itu tidak indah. Itu sangat konyol. Semua pembalap melaju lambat, apakah Anda tidak melihat orang lain? Saya tidak mengerti,” ungkap Hamilton, melansir dari laman resmi F1, Minggu (1/8/2021).

“Semua orang melakukan putaran lambat, tidak berbeda dengan putaran lainnya. Tentu saja, setiap kali kami keluar, kami mencoba menyiapkan ban dan menjaganya agar tetap dingin, karena ban menjadi sangat panas sepanjang lap,” lanjut Hamilton.

Max Verstappen

“Jadi, saya tidak memainkan taktik apa pun. Saya tidak perlu memainkan taktik. Saya tahu apa yang saya lakukan di dalam mobil dan saya cukup cepat, saya tidak perlu menambahkan taktik,” tambahnya.

“Mereka yang membuat komentar benar-benar tidak tahu apa-apa tentang pekerjaan yang kami lakukan di sini. Mungkin itulah sebabnya mereka tidak menjadi pembalap,” imbuh rekan setim Valtteri Bottas.

Balapan F1 GP Hungaria 2021 akan berlangsung pada Minggu (1/8/2021) pukul 20.00 WIB. Hamilton akan berada di urutan pertama, diikuti Bottas di posisi kedua, dan Verstappen akan mengawali balapan di peringkat ketiga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini