Lewis Hamilton Berpotensi Ukir Sejarah di F1 GP Hungaria 2021.

Rio Erfandi, Jurnalis · Jum'at 30 Juli 2021 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 37 2448136 lewis-hamilton-berpotensi-ukir-sejarah-di-f1-gp-hungaria-2021-TVQjchaFfp.jpg Lewis Hamilton pembalap asa Inggris. (Foto/Reuters)

HUNGARIA Lewis Hamilton berpotensi menukir sejarah dalam kariernya di Formula 1. Sejarah itu bisa dibuat Hamilton di GP Hungaria yang akan digelar pada Minggu (1/8/2021).

Rekor pertama merupakan kemenangan dan podium terbanyak di satu seri balapan, tepatnya di Sirkuit Hungaroring. Lalu, ia berpotensi membukukan 100 kemenangan untuk karier Hamilton di ajang balap F1.

Foto/Reuters

Ini adalah seri terkahir sebelum memasuki libur musim panas. Untuk saat ini Lewis Hamilton masih menjadi penguasa di Sirkuit Hungaroring. Pembalap tim Mercedes itu sangat sulit dikalahkan dalam beberapa tahun sebelumnya ketika tampil di sirkuit tersebut.

Baca juga: George Russel Keluhkan Banyaknya Aturan di F1 GP 2021 yang Buat Pembalap Berhati-hati

Lewis Hamilton bisa dibilang pembalap yang paling sering menang di sirkuit Hungaroring dengan delapan kemenangan. Kemenangan yang ia dapatkan pertama kalinya terjadi pada 2007, 2009 dan 2012 bersama tim McLaren. Kemudian lima kemenangan lainnya didapatkan dengan tim yang sekarang ia bela Marcedes pada 2013, 2016, 2018, 2019, dan terakhir 2020.

Baca juga: Mark Webber Senang Lihat Persaingan Max Verstappen dan Lewis Hamilton

Jika nanti Lewis Hamilton menang pada seri Hungaria 2021, ia akan menjadikan kemenangan tersebut yang kesembilan kali di Sirkuit Hungaroring. Ini akan menjadi rekor baru sebagai pembalap yang paling banyak memenangi salah satu grand prixm Sekadar informasi saat ini Michael Schumacher dan Lewis Hamilton masih sama-sama memegang rekor kemenangan delapan kali. Schumacher meraihnya di GP Prancis dan Hamilton di GP Inggris.

Selain itu jika Hamilton atau rekan setimnya Valtteri Bottas memenangkan GP Hungaria, Mercedes akan membuat rekor baru. Mercedes berpeluang menjadi tim pertama yang menang empat tahun berturut-turut di Hungaria.

Rekor lainnya adalah pengumpul podium terbanyak di GP Hungaria. Andai, Hamilton masuk tiga besar di GP Hungaria 2021, maka itu akan menjadi podiumnya yang ke-10. Ini akan membuat Hamilton menjadi pembalap pertama yang pembalap pertama yang mencapai dua digit dalam hal finis podium pada satu balapan.

Foto/Reuters

Pembalap Mercedes saat ini duduk di sembilan podium di Hungaroring, sama dengan Kimi Raikkonen dari Alfa Romeo, meskipun peluang pembalap Finlandia itu untuk menambah nomor itu akhir pekan ini tipis. Di belakang mereka ada Ayrton Senna, Michel Schumacher dan Sebastian Vettel yang semuanya memiliki tujuh podium.

Lewis Hamilton juga memegang catatan 99 kemenangan, 78 diantaranya diraihya bersama Mercedes dan telah naik poduim 172 kali. Karena itu, jika ia menang di GP Hungaria 2021, Hamilton akan mencetak 100 kemenangan. Lalu, saat ini ia juga memegang rekor 100 pole position dan telah menang 59 kali dari posisi start terdepan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini