Kapok, Marc Marquez Ogah Jatuh Lagi dalam Balapan

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 25 Juni 2021 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 38 2430907 kapok-marc-marquez-ogah-jatuh-lagi-dalam-balapan-bwMBl5kuuU.jpg Marc Marquez (Foto: MotoGP)

ASSEN – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, tidak mau jatuh lagi dalam balapan. Pengalaman pahit pada musim 2020 kemungkinan besar masih menghantui pembalap Spanyol itu.

Sebagaimana diketahui, Marquez mengalami kecelakaan parah dalam balapan MotoGP Spanyol 2020. Lengan kanan Marquez patah dalam kecelakaan itu sehingga tiga kali masuk ruang operasi.

Marc Marquez (Foto: Twitter/@MotoGP)

Marquez pun absen selama kurang-lebih sembilan bulan untuk memulihkan diri. Saat kembali di MotoGP 2021, Marquez menuai hasil negatif mulai dari seri Portugal hingga Catalunya.

Marquez beberapa kali terjatuh dalam sesi latihan bebas. Dia bahkan terjatuh dalam tiga seri balapan terakhir sebelum memenangkan balapan MototGP Jerman 2021 di Sirkuit Sachsenring, Minggu 20 Juni 2021.

BACA JUGA: Motivasi Berlipat Ganda, Marc Marquez Mau Unjuk Gigi di MotoGP Belanda 2021

Marquez menyatakan dirinya mulai berkendara, seperti biasa, mulai dari seri Italia hingga Jerman. Akan tetapi, dia tetap menuai hasil buruk sebelum memenangkan balapan di Sirkuit Sachsenring.

Marquez menyatakan risiko dirinya jatuh lebih besar saat berusaha terlalu keras. Saat tampil di Sirkuit Sachsenring, Marquez membalap dengan lembut hingga bisa menyetuh garis finis lebih dulu ketimbang pembalap lain.

Model berkendara itu yang ingin diterapkan Marquez dalam balapan selanjutnya, MotoGP Belanda 2021. Balapan seri kesembilan itu akan berlangsung di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu 27 Juni 2201, malam WIB.

“Dari Mugello dan seterusnya, saya mulai berkendara lagi kurang lebih seperti di masa lalu. Mungkin Takaaki Nakagami (LCR Honda) adalah orang yang paling mengerti cara mengendarai motor ini,” kata Marquez, dikutip Tuttomotoriweb, Jumat (25/6/2021).

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

“Saya siap menderita, tetapi jika saya berusaha terlalu keras, saya berisiko jatuh sekarang. Di Jerman, saya mengemudi dengan sangat lembut,” tuturnya.

Namun, Marquez diprediksi akan kesulitan dalam balapan MotoGP Belanda 2021. Penyebabnya adalah tata letak Sirkuit Assen yang memiliki lebih banyak tikungan ke kanan ketimbang kiri.

Sirkuit Assen memiliki 18 tikungan yang mayoritas ke kanan. Hal itu tidak menguntungkan Marquez yang masih merasakan sakit pada lengan dan bahu kanannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini