Marc Marquez Juarai MotoGP 2021? Mick Doohan pun Ragu

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 21:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 38 2430526 marc-marquez-juarai-motogp-2021-mick-doohan-pun-ragu-3kMYKppHHJ.jpg Marc Marquez (Foto: MotoGP)

GOLD COAST – Legenda MotoGP, Mick Doohan, menilai peluang Marc Marquez untuk menjuarai MotoGP 2021 tidaklah besar. Sebab, para pesaing Marquez tidak mengurangi kecepatan saat pembalap Repsol Honda itu masih mencari bentuk terbaiknya.

Marquez masih mencari bentuk terbaiknya di MotoGP 2021. Dia kesulitan untuk tampil maksimal karena fisiknya belum bugar 100 persen.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

The Baby Alien -julukan Marquez- masih merasakan sakit pada lengan dan bahu kanannya akibat kecelakaan parah dalam balapan MotoGP Spanyol 2020. Sejak kembali balapan, mulai dari seri Portugal hingga Catalunya, Marquez meraih hasil negatif.

Namun, Marquez bangkit dalam balapan MotoGP Jerman 2021 di Sirkuit Sachsenring, Minggu 20 Juni 2021. Marquez tampil luar biasa sejak kualifikasi dengan menyegel posisi kelima.

BACA JUGA: Marc Marquez Utang Budi kepada Mick Doohan, sang Legenda pun Buka Suara

Memulai balapan dari barisan depan memudahkan Marquez untuk bersaing dalam perebutan posisi pertama. Marquez pun menyalip Aleix Espargaro (Aprilia Gresini) untuk memimpin balapan.

Setelah itu, Marquez tidak terkejar oleh pembalap lain hingga lap terakhir. Dia meraih kemenangan ke-11 secara beruntun di Sirkuit Sachsenring sekaligus memutus rentetan hasil buruk pada musim ini.

Kemenangan itu bagus bagi mental Marquez, tetapi Doohan menilai itu belum cukup untuk bersaing dalam perebutan gelar juara. Doohan tidak menyebut peluang juara Marquez tertutup, tetapi butuh keajaiban agar itu terjadi.

Marquez masih harus mencari konsistensi untuk bisa menjadi jaura. Kemenangan dalam balapan MotoGP Jerman 2021 hanya awal, yang tidak menentukan apapun pada akhir musim ini, jika Marquez melempem pada balapan-balapan berikutnya.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

“Tidak ada yang berdiri diam, semua orang mendorong, minggu demi minggu, mencari cara untuk meningkatkan. Sayangnya, Marc (Marquez) tak bisa pulih dengan cepat dari cederanya. Jika sudah empat atau enam minggu, itu (hasil balapan MotoGP Jerman 2021) tidak akan begitu penting,” kata Doohan, dikutip dari Motosan, Kamis (24/6/2021).

“Namun, absen begitu lama (selama kurang-lebih sembilan bulan untuk memulihkan lengan kanan yang patah), itu adalah waktu yang lama sebelum dia (Marquez) terlihat percaya diri dalam balapan,” lanjutnya.

“Pembalap lain belum melambat. Bagaimanapun, mereka menjadi lebih kuat. Anda harus ingat, bahwa Fabio Quartararo (pembalap Monster Energy Yamaha yang memimpin klasemen sementara) sudah bertarung dengannya pada 2019. Saya pikir Marc mengerti semua itu,” ucap pria Australia itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini