Gantikan Morbidelli, Garrett Gerloff Sebelumnya Ambil Alih Tugas Valentino Rossi saat Positif Covid-19

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 04:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 38 2430034 gantikan-morbidelli-garrett-gerloff-sebelumnya-ambil-alih-tugas-valentino-rossi-saat-positif-covid-19-eco9kJyfny.jpg Garrett Gerloff dan Valentino Rossi. (Foto: MotoGP)

SEPANG – Tim Petronas Yamaha SRT telah memutuskan untuk menunjuk pembalap Kejuaraan Dunia Superbike atau WorldSBK, yakni Garrett Gerloff, sebagai pengganti Franco Morbidelli di MotoGP Belanda 2021. Sebelum menggantikan Morbidelli, Gerloff pernah mentas di kelas MotoGP juga dengan mengambil alih peran Valentino Rossi.

Sebagaimana diketahui, Morbidelli terpaksa absen di seri kesembilan MotoGP 2021. Semua itu dapat karena mengalami cedera lutut dalam latihan pada Selasa 22 Juni 2021.

Garett Gerloff

Insiden ini memberi kesempatan bagi Gerloff untuk mencicipi lagi balapan di kelas MotoGP. Sebelumnya, pembalap asal Inggris itu sudah pernah merasakan fantastisnya menunggangi motor balap MotoGP kala menggantikan Rossi yang positif terpapar virus Covid-19.

BACA JUGA: Valentino Rossi Masih Senang-Senang di Tengah Keterpurukan

Pihak Yamaha mengambil keputusan itu dalam gelaran MotoGP Eropa 2020. Kala itu, Rossi sejatinya sudah sembuh dari paparan virus Covid-19. Tetapi, pihak MotoGP tak langsung memberi The Doctor -julukan Valentino Rossi- lampu hijau untuk balapan.

BACA JUGA: Meski Terpuruk di MotoGP 2021, Valentino Rossi Tak Perlu Pensiun

Pembalap berusia 42 tahun itu harus mengikuti tes kembali yang hasilnya baru keluar setelah hari kedua rangkaian MotoGP Eropa 2020. Alhasil, Yamaha langsung menunjuk Gerloff untuk menggantikan Rossi selama belum mendapatkan izin.

Gerloff pun turun di hari pertama rangkaian MotoGP Eropa 2020 dengan mentas di sesi latihan bebas 1 dan 2. Hasilnya, pembalap berusia 25 tahun itu menempati posisi ke-16 di sesi latihan bebas pertama, dan tercecer ke urutan 19 pada latihan bebas kedua.

Meski hasil yang didapat kurang memuaskan, Gerloff tetap mendapat apresiasi dan bahkan sanjungan dari Valentino Rossi. Usai hasil tesnya dinyatakan negatif, Rossi memang diketahui langsung berada di garasi Yamaha.

Saat itu, Gerloff pun bertemu langsung dengan Rossi. Dia mengaku mendapat ucapan terima kasih dari Rossi yang membuatnya terkejut sekaligus gembira.

Garett Gerloff dan Valentino Rossi

“Saya terkejut, saya tidak menyangka. Dia (Rossi) mengatakan kepada saya bahwa saya melakukan pekerjaan dengan baik dan berterima kasih kepada saya karena telah merawat motornya. Itu adalah mimpi, sesuatu yang luar biasa,” ujar Gerloff kala itu, menyadur dari Tutto Motori Web.

Kini, Gerloff pun mendapat lagi kesempatan untuk mentas di MotoGP. Tak hanya sekadar tampil di sejumlah sesi, dia akan langsung menjalani balapan. MotoGP Belanda 2021 sendiri diketahui akan digelar di Sirkuit Assen pada Minggu 20 Juni 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini