Pertahankan Titel Rajanya Sachsenring, Marc Marquez Ungkap Kunci Sukses

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 21 Juni 2021 01:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 38 2428195 pertahankan-titel-rajanya-sachsenring-marc-marquez-ungkap-kunci-sukses-4JUwWSfJ3W.jpg Marc Marquez. (Foto: Instagram/@hrc_motogp)

SAXONY – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, sukses memenangi balapan MotoGP Jerman 2021. Pencapaian ini membuat statusnya sebagai raja di Sirkuit Sachsenring, Jerman, terus bertahan dalam dirinya.

Marc Marquez memang menorehkan catatan yang begitu apik kala mentas di Sirkuit Sachsenring. Dia selalu memenangi balapan di sana sejak naik kelas ke pentas MotoGP pada 2013.

Marc Marquez

Alhasil, pembalap berjuluk The Baby Alien itu tercatat sudah mengemas delapan kemenangan di Sachsenring pada kelas premier. Catatan ini juga membuatnya semakin mendekati catatan Giacomo Agostini yang menang sembilan kali beruntun di sirkuit yang sama pada kelas premier.

Secara keseluruhan dalam kariernya, Marc Marquez sendiri sudah mengemas total 11 kemenangan di Sachsenring. Tiga kemenangan lainnya didapat di kelas Moto2 dan 125 cc.

BACA JUGA: Menangi MotoGP Jerman 2021, Marc Marquez Dekati Rekor Giacomo Agostini

Satu kemenangan di kelas 125 cc didapat pada 2010. Kemudian, dua kemenangan lain didapat Marc Marquez pada 2011 dan 2012 di kelas Moto2.

BACA JUGA: Marc Marquez Menangi MotoGP Jerman 2021, Punya Kans Juara Musim Ini?

Sukses mempertahankan titel rajanya Sirkuit Sachsenring, Marquez membeberkan kuncinya. Dia mengaku hanya berusaha mencoba mengambil risiko lebih besar dalam balapan, di tengah kondisinya yang serba-terbatas saat ini karena masih bermasalah pada lengan kanannya.

Usaha Marquez pun berbuah manis karena dirinya bisa tampil impresif dan menghentikan puasa kemenangannya yang sudah berlangsung sangat lama. Selain itu, Marquez mengaku juga berusaha memanfaatkan kondisi cuaca yang memang cocok dengannya.

“Ini adalah salah satu momen terpenting dan tersulit dalam karier saya. Hari ini saya tahu itu tidak mudah dari sudut pandang mental, tetapi saya berkata kepada diri sendiri bahwa saya harus mencoba akhir pekan ini,” ujar Marquez, sebagaimana dikutip dari Tutto Motori Web, Senin (21/6/2021).

“Saya ingin mencoba berjuang untuk podium. Saya melihat kemenangan sebagai hal yang sulit, tetapi saya berkata kepada diri sendiri bahwa jika ada kesempatan saya akan mencoba,” lanjutnya.

Marc Marquez

“Ketika saya melihat beberapa tetes hujan, saya berkata kepada diri sendiri bahwa ini akan menjadi balapan saya. Saya mempertahankan kecepatan yang sama seperti sebelumnya, bahkan ketika hujan mulai turun sedikit lebih deras,” jelas Marquez.

“Saya berkata kepada diri sendiri bahwa sekaranglah saatnya untuk mengambil beberapa risiko. Kemudian balapan kedua dimulai, balapan dengan Miguel Oliveira. Semua kenangan tahun lalu ini datang ke pikiran. Situasinya sulit, tetapi kami akan terus seperti ini,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini