Max Verstappen Juara GP Prancis 2021 Usai Salip Lewis Hamilton

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Minggu 20 Juni 2021 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 20 37 2428163 max-verstappen-juara-gp-prancis-2021-usai-salip-lewis-hamilton-1mnMYAOvTG.jpg Max Verstappen. (Foto/Reuters)

LE CASTELLET - Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen menjadi juara Formula One (F1) Grand Prix (GP) Prancis 2021 di Sirkuit Paul Ricard, Minggu (20/6/2021) malam WIB. Pembalap Belgia itu eraih posisi pertama setelah berhasil menyalip Lewis Hamilton.

Pada awal balapan, Verstappen membuat kesalahan. Dia gagal memanfaatkan pole position karena melebar, embuat pembalap Mercedes-AMG, Lewis Hamilton berhasil mendahuluinya.

Hamilton pun kemudian mampu memanfaatkan situasi dengan baik. Meski Verstappen berusaha mengejar, Hamilton mampu menjaga keunggulannya yang tipis.

Foto/Reuters

Memasuki putaran ke-18, Valtteri Bottas yang menempati posisi ketiga memulai mengganti ban. Verstappen kemudian menyusul satu putaran kemudian, dan Hamilton merespon di putaran ke-20.

Baca juga: Insiden Max Verstappen Paksa FIA Terapkan Regulasi Baru di F1 GP Prancis 2021

Meski begitu, Hamilton gagal menjaga keunggulannya atas Verstappen. Dia malah keluar di belakang Verstappen, yang agresif dalam membawa mobilnya berbekal ban baru.

Baca juga: Mobil Pembalap F1 Max Verstappen dan Lance Stroll Pecah Ban, Pirelli Bantah Cacat Produksi

Walau demikian, adalah Sergio Perez yang memimpin balapan. Dia mampu membawa mobilnya bertahan lebih lama, sehingga baru pada putaran ke-25 mengganti bannya dan menyerahkan posisi terdepan kepada Verstappen.

Memasuki putaran ke-33, Verstappen membuat perjudian dengan kembali mengganti ban lebih awal. Dia pun keluar di posisi ketiga, sementara Hamilton memimpin.

Ketika baru keluar dari pit, jarak Verstappen dengan Bottas di posisi kedua mencapai 8 detik. Tetapi, dalam waktu beberapa putaran saja, Verstappen mampu memangkas jaraknya. Pada putaran ke-43, dia hanya terpaut 0,7 detik saja.

Foto/Reuters

Hasilnya, Verstappen mampu merebut posisi kedua dari tangan Bottas satu putaran kemudian. Dengan 10 putaran tersisa, dia langsung memburu Hamilton yang melenggang ke depan.

Kejar-kejaran sengit terus berlangsung antara Verstappen dan Hamilton. Pada putaran ke-52, Verstappen berhasil menyalip Hamilton dan memenangkap F1 GP Prancis 2021 setelah menyelesaikan lap ke-53.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini