Jika Pensiun, Valentino Rossi Telah Tinggalkan Warisan untuk MotoGP

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 11 Juni 2021 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 38 2423743 jika-pensiun-valentino-rossi-telah-tinggalkan-warisan-untuk-motogp-aqEauZ4d6D.jpg Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

GENOVA – Pengamat MotoGP, Carlo Pernat, menilai Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) telah memberikan banyak hal untuk dunia balap motor, terutama MotoGP. Menurut Pernat, Rossi telah meninggalkan warisan luar biasa di MotoGP.

Rossi adalah legenda hidup MotoGP. Meski sudah berumur 42 tahun, Rossi masih memacu motornya untuk bersaing dengan para pembalap muda dalam balapan.

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Namun, Rossi tidak mampu bersaing dengan para pembalap muda dalam beberapa musim terakhir ini. Keterpurukan Rossi makin terlihat di MotoGP 2021.

Sekadar informasi, Rossi baru mengumpulkan 15 poin dari tujuh seri balapan sehingga terdampar di posisi ke-19 klasemen sementara. Teranyar, Rossi terjatuh pada balapan MotoGP Catalunya 2021 di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Minggu 6 Juni 2021.

BACA JUGA: Valentino Rossi Akan Pensiun, Pengamat MotoGP Ini Tahu Kapan Pengumumannya

Keterpurukan Rossi menandakan masa pensiun makin dekat untuk The Doctor. Jika pensiun, Rossi akan mundur dari dunia balap dengan kepala tegak.

Bagaimana tidak, Rossi merupakan salah satu pembalap dengan koleksi gelar juara dunia terbanyak, yaitu sembilan. Sebanyak tujuh gelar juara dunia diraih Rossi di MotoGP yang merupakan balapan motor paling elite.

Selain sebagai pembalap, Rossi juga sukses dalam membina timnya, SKY Racing Team VR46, yang mampu meraih gelar juara pembalap dan tim di Moto2 2018. Rossi bahkan bisa membawa timnya ke MotoGP pada musim depan.

Tim Rossi menggaet perusahaan minyak dan gas dari Arab Saudi, Aramco. Nantinya, tim Rossi akan Bernama Aramco Racing Team VR46. Tim Rossi itu mengikat kontrak dengan Dorna Sports untuk berlaga di MotoGP selama lima tahun (2022-2026).

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Pernat pun menilai Rossi telah melakukan hal luar biasa dengan segala pencapaiannya di MotoGP, baik sebagai pembalap atau pemilik tim. Oleh sebab itu, Pernat menyatakan Rossi telah memberikan banyak hal untuk dunia balap motor.

“Dia (Rossi) membawa kami ke puncak yang sangat tinggi di kejuaraan dunia dengan kekuatannya, simpatinya, caranya berkomunikasi,” kata Pernat, dikutip dari Tuttomotoriweb, Jumat (11/6/2021).

“Lalu, langkah dia sekarang dengan Aramco adalah sesuatu yang bahkan tidak dilakukan oleh tim pabrikan, jadi dia (mungkin) telah memenangkan gelar juara untuk manajer tim, belum lagi VR46 dengan dua gelar juara dunia, sekelilingnya itu luar biasa,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini