Valentino Rossi Akan Pensiun, Pengamat MotoGP Ini Tahu Kapan Pengumumannya

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 11 Juni 2021 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 38 2423727 valentino-rossi-akan-pensiun-pengamat-motogp-ini-tahu-kapan-pengumumannya-Gd451ktgh8.jpg Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

GENOVA – Pengamat MotoGP, Carlo Pernat, menilai Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) akan gantung helm setelah musim 2021 berakhir. Menurut Pernat, Rossi akan mengumumkan itu di MotoGP San Marino 2021 di Sirkuit Misano, Italia.

Performa Rossi menurun dalam beberapa musim terakhir ini. Hal itu membuat Monster Energy Yamaha tidak memperpanjang kontrak Rossi yang habis pada akhir musim lalu.

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Yamaha memilih untuk merekrut Fabio Quartararo dari tim satelit mereka, Petronas SRT, sebagai pengganti Rossi. The Doctor -julukan Rossi- turun kelas dengan mengisi posisi kosong di Petronas SRT usai kepergian Quartararo.

Meski membela tim satelit, pembalap 42 tahun itu tetap mendapatkan motor yang sama seperti para pembalap pabrikan. Akan tetapi, hal itu tidak juga membantu Rossi untuk meraih hasil positif pada musim ini.

BACA JUGA: Valentino Rossi Terpuruk di MotoGP 2021, Alex Rins: Dia Menderita

Sekadar informasi, Rossi baru mengumpulkan 15 poin dari tujuh seri balapan sehingga terdampar di posisi ke-19 klasemen sementara. Teranyar, Rossi terjatuh pada balapan MotoGP Catalunya 2021 di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Minggu 6 Juni 2021.

Keterpurukan Rossi menjadi tanda The Doctor akan pensiun pada akhir musim ini. Pernat pun yakin Rossi tidak akan membalap lagi pada musim depan. Pernat menilai Rossi akan mengumumkan keputusannya pensiun di MotoGP San Marino 2021 karena itu berlangsung negaranya.

“Saya yakin, bahwa dia akan membuat pengumuman di Misano soal keputusannya tidak akan balapan tahun depan,” kata Pernat pada Gazzetta dello Sport, dikutip dari Tuttomotoriweb, Jumat (11/6/2021).

“Saya sangat yakin karena dia orang yang cerdas. Saya pikir dia akan mengatakannya di Misano karena kami berada di Italia,” tuturnya.

Valentino Rossi (Foto: Reuters)

Jika pensiun Rossi akan meninggalkan banyak warisan untuk dunia balap motor, terutama MotoGP. Bagaimana tidak, Rossi merupakan pemilik sembilan gelar juara dunia yang tujuh di antaranya didapatkan di MotoGP.

Meski bukan pemilik gelar juara dunia terbanyak, Rossi telah menjadi wajah MotoGP dalam dua dekade terakhir. Pensiunnya The Doctor merupakan tanda berakhirnya sebuah era.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini