Marc Marquez Terpuruk, Honda dalam Ancaman Hak Konsesi di MotoGP 2022

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 06 Juni 2021 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 06 38 2420945 marc-marquez-terpuruk-honda-dalam-ancaman-hak-konsesi-3sHV5UjQ8d.jpg Marc Marquez (Foto: MotoGP)

BARCELONA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, optimistis dirinya akan naik ke atas podium sebelum MotoGP 2021 berakhir. Dia pun yakin Honda tidak akan mendapatkan hak konsesi pada musim depan.

Sekadar informasi, hak konsesi diberikan pada pabrikan sejak 2014. Hak konsesi didapatkan pabrikan yang gagal mengumpulkan enam poin konsesi, dengan rincian tiga untuk kemenangan, dua untuk peringkat dua, dan satu untuk posisi ketiga dalam balapan.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Hak konsesi membuat sebuah tim memiliki sejumlah hak, yaitu pengembangan mesin sepanjang musim, jatah unit mesin yang lebih banyak, dan kebebasan menggelar tes tertutup. Hak konsesi dihapuskan jika sebuah pabrikan mengumpulkan enam poin sepanjang musim.

Hak konsesi terkesan menguntungkan, tetapi juga menunjukkan sebuah pabrikan belum kompetitif dalam balapan. Pemberian hak konsesi cukup memalukan bagi Honda yang beberapa kali menyabet gelar juara dunia konstruktor.

Namun, Marquez tidak mau membicarakan hak konsesi Honda sekarang. Dia memilih fokus pada balapan MotoGP Catalunya 2021 yang akan berlangsung di Sirkuit Catalunya, Spanyol, hari ini, Minggu (6/6/2021) malam WIB.

BACA JUGA: Dalam Kondisi Terjepit, Marc Marquez Tetap Tak Menyerah

“Saya pikir kami tidak akan memilikinya (hak konsesi) karena kami akan naik podium. Saya tidak ingin membicarakannya karena jika saya percaya, saya tidak tahu harus berpikir apa, tetapi saya pikir kami tidak akan memilikinya,” kata Marquez, dikutip dari Motosan, Minggu (6/6/2021).

“Jadi, jika kami mencapai balapan terakhir dalam situasi ini, kami baru akan membicarakannya. Akan tetapi, sekarang, untuk saat ini, saya pikir cepat atau lambat kami akan memiliki podium,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Marquez, belum mendapatkan satu pun podium sejak kembali balapan setelah absen selama kurang-lebih sembilan bulan. Marquez sudah tampil empat kali, tetapi tidak ada yang membuahkan podium.

Infografis MotoGP 2021 (Foto: Okezone)

Marquez dalam kondisi kurang menguntungkan sekarang karena akan memulai balapan MotoGP Catalunya 2021 dari posisi ke-13. Selain itu, Marquez juga masih merasakan sakit pada lengan kanan dan bahu kanannya.

Marquez pun diprediksi harus berjuang keras untuk meraih hasil positif di Sirkuit Catalunya. Finis 10 besar sudah merupakan prestasi bagi Marquez yang fisiknya belum bugar 100 persen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini