Dalam Kondisi Terjepit, Marc Marquez Tetap Tak Menyerah

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 06 Juni 2021 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 06 38 2420940 dalam-kondisi-terjepit-marc-marquez-tetap-tak-menyerah-dJhG355AEu.jpg Marc Marquez (Foto: MotoGP)

BARCELONA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, tidak mengibarkan bendera putih meski dalam kondisi terjepit di MotoGP Catalunya 2021. Balapan seri ketujuh itu akan berlangsung di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu (6/6/2021) malam WIB.

Sebagaimana diketahui, Marquez kerap kesulitan di Sirkuit Catalunya meski perjuangannya hampir selalu berbuah manis. Sejak naik kelas ke MotoGP pada musim 2013, Marquez mengoleksi lima podium.

Marc Marquez (Foto: Honda Racing Corporation)

Prestasi terbaik Marquez adalah memenangkan balapan di Sirkuit Catalunya pada musim 2014 dan 2019. Itu dicapai Marquez setelah bejuang maksimal dengan kondisi bugar 100 persen.

Namun, keadaan sekarang berbeda karena Marquez belum mencapai kondisi terbaiknya usai absen balapan selama kurang-lebih sembilan bulan. Penyebab Marquez absen adalah lengan kanannya patah pada balapan perdana musim lalu, MotoGP Spanyol 2020.

Pembalap berjuluk The Baby Alien itu baru kembali balapan di Sirkuit Algarve, Portugal. Pada balapan bertajuk MotoGP Portugal 2021 itu, Marquez finis ketujuh. Selanjutnya, Marquez finis kesembilan pada balapan MotoGP Spanyol 2021.

BACA JUGA: Marc Marquez Masih Memble di MotoGP Catalunya 2021, Bastianini Ikut Prihatin

Namun, performa Marquez menurun karena fisiknya belum bugar 100 persen. Marquez bahkan gagal mendapatkan poin karena terjajuh pada dua balapan terakhir, MotoGP Prancis 2021 dan MotoGP Italia 2021.

Balapan MotoGP Italia 2021 menjadi tempat terjatuh Marquez terbaru. Dalam balapan di Sirkuit Mugello, Italia, Marquez terjatuh pada lap kedua usai bersenggolan dengan pembalap KTM Red Bull, Brad Binder.

Sirkuit Mugello sama seperti Sirkuit Catalunya bagi Marquez. Pembalap asal Spanyol itu hampir selalu berjuang keras untuk meraih hasil bagus di dua sirkuit tersebut.

Marquez biasanya agak terbantu jika balapan di Sirkuit Mugello atau Sirkuit Catalunya berlangsung dalam kondisi hujan. Sayangnya, ramalan cuaca menyatakan balapan MotoGP Catalunya 2021 tidak akan diguyur hujan.

Infografis MotoGP 2021 (Foto: Okezone)

Marquez dalam kondisi kurang menguntungkan sekarang. Selain akan memulai balapan MotoGP Catalunya 2021 dari posisi ke-13, Marquez juga masih merasakan sakit pada lengan kanan dan bahu kanannya. Meski begitu, dia akan tetap berusaha untuk mendapatkan hasil terbaik saat mentas pada balapan MotoGP Catalunya 2021.

“Jika (balapan) dalam keadaan basah akan membantu, tetapi tidak hujan. Ramalan Meteocat.cat di Catalunya mengatakan tidak akan hujan,” kata Marquez, dikutip dari Motosan, Minggu (6/6/2021).

“(Tersenyum) Kami tidak dapat melupakan, bahwa kami berada di dua sirkuit, baik di Mugello maupun Catalonia, adalah tempat kami selalu menderita bahkan saat saya dalam kondisi sangat baik, di waktu puncak pada 2019,” ucap pembalap berumur 28 tahun itu.

“Ya, situasinya buruk, tetapi kami harus mencoba untuk terus berkembang. Sebab, saya pikir situasinya tidak seburuk kelihatannya,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini