Marc Marquez Pensiun, Siapa yang Dominasi MotoGP?

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 12 Mei 2021 09:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 12 38 2409382 marc-marquez-pensiun-siapa-yang-dominasi-motogp-NsYz7e1PX1.jpg Marc Marquez pensiun dari MotoGP kelar musim 2021? (Foto: Laman resmi MotoGP)

USIA Marc Marquez memang baru 28 tahun. Namun, tak ada jaminan karier The Baby Alien –julukan Marc Marquez– akan langgeng. Masih ingat juara dunia dua kali MotoGP asal Australia, Casey Stoner?

Casey Stoner pensiun di usia yang sangat muda yakni 27 tahun. Karena itu, Marc Marquez bisa saja pensiun dalam waktu dekat. Terlebih medio dua pekan lalu, Marc Marquez mengaku akan pensiun ketika dirinya tak lagi tampil kompetitif.

Casey Stoner

(Casey Stoner pensiun di usia 27 tahun)

Kebetulan, Marc Marquez juga gagal tampil moncer di dua race awal tampil di MotoGP 2021. Setelah finis ketujuh di Portugal, Marc Marquez hanya menempati posisi sembilan di MotoGP Spanyol. Pertanda Marc Marquez pensiun di akhir MotoGP 2021?

“Ketika saya tidak merasa lagi mampu memenangkan balapan, bagi saya lebih baik di rumah saja. Karena saya di sini bertarung untuk mereka semua,” kata Marc Marquez, mengutip dari The Race.

Jika Marc Marquez benar pensiun dari MotoGP dalam waktu dekat, adakah rider yang benar-benar tampil dominan di ajang ini? Berkaca dari MotoGP 2020 ketika Marc Marquez melewatkan hampir seluruh balapan karena mengalami patah lengan kanan, diprediksi tak ada rider yang sanggup tampil dominan.

BACA JUGA: Marc Marquez Pensiun, MotoGP Makin Menarik atau Malah Ditinggalkan Fans?

Terbukti dari 14 race yang digelar di MotoGP 2020, muncul sembilan pembalap yang keluar sebagai pemenang. Cuma ada dua pembalap yang memenangkan race lebih dari satu kali, yakni Miguel Oliveira dan Fabio Quartararo yang sama-sama menang dua kali.

Bahkan juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir, Cuma menang satu kali. Melihat kondisi saat ini, agak sulit melihat momen seperti ketika Marc Marquez memenangkan 12 dari 19 race yang digelar di MotoGP 2019.

Marc Marquez

Karena itu, sepertinya kita harus bersabar untuk melihat ada lagi pembalap yang tampil dominan layaknya Marc Marquez. Pencinta MotoGP harus menunggu sampai rider Red Bull KTM Ajo yang mentas di Moto3 2021, Pedro Acosta, promosi ke MotoGP.

Pedro Acosta tampil luar biasa di Moto3 2021, musim pertamanya mentas di ajang Grand Prix. Dari empat race awal Moto3 2021, Pedro Acosta tiga kali menang. Sementara itu, satu race lainnya diselesaikan Pedro Acosta di tempat kedua.

Namun, sebelum itu semua, menarik menanti aksi Marc Marquez di sisa MotoGP 2021. Jika Marc Marquez sanggup memenangkan beberapa race, The Baby Alien bisa menunda keputusannya untuk pensiun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini