Marc Marquez Pensiun, MotoGP Makin Menarik atau Malah Ditinggalkan Fans?

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 11 Mei 2021 09:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 38 2408848 marc-marquez-pensiun-motogp-makin-menarik-atau-malah-ditinggalkan-fans-RHVI4jxeDF.jpg Marc Marquez pensiun dari MotoGP suatu hari nanti. (Foto: Laman resmi MotoGP)

DALAM dua minggu terakhir, kabar Marc Marquez pensiun dari MotoGP berembus kencang. Kabar itu muncul setelah The Baby Alien –julukan Marc Marquez– mengungkap kapan waktunya akan mundur alias pensiun dari MotoGP.

Rider 28 tahun itu mengaku akan pensiun ketika tak mampu lagi tampil kompetitif. Ironisnya, di dua race awal MotoGP 2021, Marc Marquez gagal tampil kompetitif karena tak mampu bersaing di jalur juara. Setelah finis ketujuh di Portugal, Marc Marquez cuma menyelesaikan balapan di tangga kesembilan MotoGP Spanyol.

Marc Marquez

“Ketika saya tidak merasa lagi mampu memenangkan balapan, bagi saya lebih baik di rumah saja. Karena saya di sini bertarung untuk mereka semua,” kata Marc Marquez, mengutip dari The Race.

Sekarang yang jadi pertanyaan, jika Marc Marquez pensiun dari MotoGP, kompetisi akan lebih menarik atau malah ditinggalkan fans? Dua kemungkinan di atas sama besarnya, berdasarkan jalannya MotoGP 2020.

Marc Marquez hampir melewatkan seluruh race MotoGP 2020 karena mengalami patah lengan kanan di balapan perdana. Absennya Marc Marquez membuat pemenang balapan jadi sulit ditebak.

BACA JUGA: Marc Marquez Pensiun, Repsol Honda Tunjuk Pembalap Spanyol sebagai Pengganti?

Bayangkan saja dari 14 balapan, ada sembilan pemenang yang sanggup memenangkan balapan! Sebelumnya ketika Marc Marquez segar bugar, semua race hampir dimenangkan juara dunia enam kali kelas MotoGP tersebut.

Ambil contoh di MotoGP 2019. Dari 19 race, 12 balapan di antaranya dimenangkan Marc Marquez. Sementara di tujuh race sisanya, enam di antaranya diselesaikan Marc Marquez di tempat kedua.

Marc Marquez

Karena itu, jalannya balapan MotoGP 2020 membuat pencinta MotoGP penasaran, terkait siapa yang nantinya memenangkan race, sehingga jalannya race selalu dinantikan. Hal itu berbeda ketimbang MotoGP 2019, yang mana pemenangnya sudah diketahui sebelum race dilangsungkan sehingga terasa membosankan.

Namun, kepergian Marc Marquez bisa membuat pencinta MotoGP angkat kaki. Sebab, tak ada lagi pembalap nekat yang aksinya selalu ditunggu-tunggu di setiap race.

Karena itu, menarik menanti jalan karier Marc Marquez selanjutnya. Akankah Marc Marquez pensiun di akhir MotoGP 2021, atau justru melewati gelar juara dunia Valentino Rossi di kelas premier? Saat ini, Marc Marquez yang mengoleksi enam gelar juara dunia, hanya terpaut satu gelar dari Valentino Rossi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini