Macam-Macam Gerakan Sit-Up dan Fungsinya, Apa Saja?

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 11 Mei 2021 22:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 43 2409250 macam-macam-gerakan-sit-up-dan-fungsinya-apa-saja-mUwmi0etyU.jpg Ilustrasi. (Foto: Healthline)

MACAM-macam gerakan sit-up dapat membuat Anda memiliki berbagai pilihan untuk melakukan salah satu gerakan olahraga tersebut. Dengan adanya variasi dalam melakukan sit-up, tentu Anda tidak akan merasa bosan ketika hendak melakukan gerakan membentuk otot bagian perut tersebut.

Kendati begitu, dengan adanya macam-macam gerakan sit-up, jadi tidak hanya otot perut saja yang akan dilatih. Namun otot dada, panggul, dan pinggang pun akan ikut mendapatkan manfaat dari gerakan sit-up tersebut.

Lantas apa saja macam-macam gerakan sit-up? Setidaknya ada lima gerakan sit-up yang dapat Anda lakukan di rumah, baik menggunakan alat atau pun tidak.

1. Sit-Up Weigted Crunch

Pada gerakan ini sit-up ini, Anda dapat menggunakan beban atau dumbell untuk memaksimalkan pergerakannya. Anda dapat melakukan ini sebanyak dua puluh kali agar dapat semakin mantap membentuk otot saat sit-up berlangsung.

Ilustrasi sit-up

2. Sit-Up V-Ups

Gerakan ini membuat perut Anda akan berbentuk seperti huruf V, tepatnya dari bagian pinggul hingga pinggang ada. Gerakan itu dilakukan ketika tubuh berbaring di lantai sambil merentangkan tangan ke sisi kepala. Lalu angkat kaki anda hingga berbentuk V.

Lanjutkan gerakan dengan mengangkat tangan anda hingga tubuh berbentuk huruf V. Jika sudah kembalikan tubuh ke posisi semula dan ulangi beberapa kali.

3. Sit-Up Standard Crunch

Standar crunch merupakan gerakan sit-up di mana Anda berbaring dan menemuk badan Anda sampai selanjutnya letakkan tangan anda ke belakang seperti berbentuk siku. Anda kemudian dapat mulai mengangkat tubuh anda dan mengarahkannya ke kanan dan kiri.

Sambil mengangkat tubuh tersebut, anda bisa menarik dan melepaskan nafas perlahan-lahan. Sambil menggerakan bahu ke atas seperti diangkat anda pun dapat menghilangkan otot perut yang tegang. Kemudian lakukan gerakan seperti membengkokkan leher. Dan terakhir ambil nafas perlahan hingga keposisi semula lagi.

4. Sit-Up Bicycle Crunch

Pada gerakan selanjut merupakan campuran sit up sambil bersepda juga crunch. Nama gerakan ini adalah bicycle crunch. Gerakan bisa dilakukan juga untuk melatih koordinasi otot perut secara bersamaan hingga stabil.

Lebih lanjut otot di pinggang dan panggul anda pun dapat lebih terbagi rata dan tampak jelas bentuknya. Anda dapat memulai gerakan ini dengan pertama tama membaringkan tubuh anda hingga merata ke lantai. Kemudian anda dapat meletakkan tangan anda ke bawah kepala dan mulailah angkat kaki hingga terangkat seluruhnya dan tahanlah. Angkatlah kaki bergantian dari kaki kiri ke belok ke lutut kanan dan sebaliknya.

5. Full Sit-Up

Ilustrasi sit-up

Kemudian ada juga gerakan sit-up di mana posisi badan menempel ke lantai, namun angkat badan bagian atas anda sampai posisi setengah duduk. Pastikan seluruh kekuatan dipusatkan ke otot perut anda.

Lalu tahan hingga anda benar-benar mengeluarkan keringat. Kemudian angkat lagi posisi tubuh hingga perut anda menjadi lebih rata.

Selama mengangkat tubuh dan menurunkannya kembali, anda tidak boleh goyang dan jatuh. Di awal masa pencobaan, mintalah bantuan orang lain untuk melakukan gerakan ini sampai sukses.

Jadi, begitlah kurang lebih macam-macam gerakan sit-up yang dapat Anda ikuti. Tentunya sit-up sangatlah bermanfaat untuk berbagai hal, seperti menjaga daya tahun tubuh, membentuk otot dada, menurunkan lemak dalam tubuh, serta membentuk pinggul yang lebih indah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini