Marc Marquez Pensiun, Repsol Honda Tunjuk Pembalap Spanyol sebagai Pengganti?

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 11 Mei 2021 08:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 38 2408803 marc-marquez-pensiun-repsol-honda-tunjuk-pembalap-spanyol-sebagai-pengganti-yOVUB98LBI.jpg Marc Marquez (kanan) saat coba mengejar Pol Espargaro. (Foto: REUTERS/Jon Nazca)

MARC Marquez mengaku akan pensiun dari MotoGP ketika tak lagi tampil kompetitif. Berhubung Marc Marquez belum kunjung tampil prima di dua race awal MotoGP 2021, akankah The Baby Alien –julukan Marc Marquez– pensiun di pengujung tahun ini?

Jika tak kunjung menampilkan performa brilian alias tak mampu bersaing menjadi juara, jangan heran jika juara dunia enam kali kelas MotoGP ini memutuskan pensiun di akhir MotoGP 2021.

Marc Marquez

“Ketika saya tidak merasa lagi mampu memenangkan balapan, bagi saya lebih baik di rumah saja. Karena saya di sini bertarung untuk mereka semua,” kata Marc Marquez, mengutip dari The Race.

Jika Marc Marquez pensiun, siapa yang akan menjadi sukesor pembalap 28 tahun tersebut? Akankah Repsol Honda kembali memercayai pembalap asal Spanyol untuk menunggangi motor RC213V?

Terhitung sejak 1995, Repsol Honda kerap kali memercayakan line-up pembalap mereka kepada rider asal Spanyol. Sebut saja Alex Criville, Sete Gibernau, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, Alex Marquez, hingga duet musim ini, Marc Marquez dan Pol Espargaro.

BACA JUGA: Marc Marquez dan Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP, Apa Alasannya?

Namun, hanya Marc Marquez, rider asal Spanyol yang membawa Repsol Honda juara tim dan individu di ajang kelas premier alias MotoGP. Pembalap-pembalap lain maksimal hanya finis di posisi dua, seperti yang ditunjukkan Dani Pedrosa pada 2012.

Bahkan Jorge Lorenzo yang berstatus juara dunia tiga kali kelas MotoGP sebelum gabung Repsol Honda, gagal total saat mengaspal bersama pabrikan asal Jepang di musim 2019. Saat itu, Jorge Lorenzo hanya finis di posisi 19 MotoGP 2019.

Marc Marquez

Namun, keraguan Repsol Honda terhadap rider Spanyol dapat terkikis berkat aksi Marc Marquez. Sebab, dari 10 kali Repsol Honda menjadi kampiun di kelas premier, enam di antaranya terjadi di zaman Marc Marquez.

Karena itu, siapa pembalap asal Spanyol yang layak menggantikan posisi Marc Marquez suatu hari nanti? Apakah itu Alex Rins, Maverick Vinales atau juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir?

Pembalap pendatang baru Moto3, Pedro Acosta dapat dikedepankan. Rider 16 tahun ini menunjukkan kelayakannya tampil di tim sekelas Repsol Honda suatu hari nanti. Di empat race awal Moto3 2021, Pedro Acosta tiga kali memenangkan race.

Pedro Acosta

(Pedro Acosta gantikan posisi Marc Marquez?)

Sementara di satu race lainnya, Pedro Acosta finis di posisi dua. Jadi, sanggupkah Pedro Acosta menggantikan figur Marc Marquez di Repsol Honda?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini