Marc Marquez dan Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP, Apa Alasannya?

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 10 Mei 2021 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 38 2408286 marc-marquez-dan-valentino-rossi-pensiun-dari-motogp-apa-alasannya-8KlVCUsJY2.jpg Valentino Rossi dan Marc Marquez sempat bersaing ketat di MotoGP. (Foto: Red Bull)

MARC Marquez dan Valentino Rossi merupakan figur kuat di MotoGP. Koleksi tujuh (Valentino Rossi) dan enam gelar juara dunia (Marc Marquez) di kelas premier membuat keduanya mempunyai nama besar di lomba balap motor paling prestisius tersebut.

Namun, dua pembalap kenamaan ini bisa saja mengumumkan pensiun di akhir MotoGP 2021. Kenapa? Mari kita bahas dari Valentino Rossi. Lepas MotoGP 2018, Valentino Rossi mengalami penurunan performa.

Valentino Rossi

(Valentino Rossi saat terjatuh di MotoGP Portugal 2021)

Musim lalu, Valentino Rossi finis di posisi 15 klasemen akhir MotoGP 2020. Hal itu merupakan pencapaian terburuk Valentino Rossi semenjak naik kelas kelas premier pada 2000. Musim ini, hasil yang didapat Valentino Rossi juga jauh dari kata baik.

Dalam empat race awal MotoGP 2021, Valentino Rossi hanya mendapatkan empat angka! Kontrak Valentino Rossi bersama Petronas Yamaha berakhir di ujung MotoGP 2021. Melihat performa ini, sulit melihat Petronas Yamaha memberikan perpanjangan kontrak kepada pembalap asal Italia tersebut.

Sebenarnya, Valentino Rossi bisa saja tetap eksis di MotoGP 2022. Hal itu karena per musim depan, tim balap Valentino Rossi akan mentas secara full di MotoGP. Namun, hal yang mengejutkan jika Valentino Rossi masih ngotot turun di MotoGP, mengingat The Doctor –julukan Valentino Rossi– sudah tak kompetitif.

BACA JUGA: Jadwal MotoGP Pekan Ini: Fabio Quartararo Berjaya di Prancis, Marc Marquez Makin Yakin Pensiun?

Bicara soal kompetitif, Marc Marquez sempat mengungkapkan kata tersebut medio pekan lalu. Ia mengaku akan pensiun dari MotoGP ketika tak sanggup lagi bersaing memenangkan balapan.

“Ketika generasi baru tiba (Marc Marquez akan pensiun). Saya masih merasa kompetitif, tetapi akan ada hari dan waktu untuk menerima bahwa generasi baru telah tiba, lebih baik dari Anda,” kata Marc Marquez mengutip dari The Race.

Marc Marquez

(Marc Marquez saat kecelakaan hebat di latihan bebas 3 MotoGP Spanyol 2021)

“Ketika saya tidak merasa lagi mampu memenangkan balapan, bagi saya lebih baik di rumah saja. Karena saya di sini bertarung untuk mereka semua,” lanjut Marc Marquez.

Setelah absen sembilan bulan akibat cedera patah lengan kanan, Marc Marquez turun di dua race terakhir MotoGP 2021. Hasilnya, Marc Marquez finis ketujuh di MotoGP Portugal dan kesembilan (MotoGP Spanyol 2021).

Jika hasil di atas terus-menerus didapatkan Marc Marquez, bukan tak mungkin The Baby Alien pensiun di akhir MotoGP 2021. Hal itu berarti, kita takkan melihat lagi aksi gila di lintasan yang kerap ditunjukkan Valentino Rossi dan Marc Marquez di MotoGP 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini