Ukuran Tinggi Ring Bola Basket

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 04 Mei 2021 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 36 2405539 ukuran-tinggi-ring-bola-basket-XjQ7vXrpKH.jpg LeBron James hendak memasukkan bola ke ring. (Foto: Instagram/@lakers)

UKURAN tinggi ring bola basket menjadi hal yang penting diperhatikan sebelum memulai permainan dalam olahraga ini. Sebab, dengan mengetahui ukuran tinggi lebih detail, para pemain akan bisa lebih mudah untuk mengatur lemparan bola agar akhirnya masuk ke ring.

Ukuran tinggi ring bola basket adalah 3,05 meter dari lantai. Panjang ini dihitung dari tinggi bagian atas ring. Penentuan panjang ring bola basket ini sendiri telah ditetapkan oleh Federasi Bola Basket Internasional (FIBA).

Ring bola basket

Dengan begitu, ukuran hingga bentuk semua ring bola basket dalam ajang-ajang resmi akan sama. Dalam peraturan resminya, FIBA menyatakan bahwa lapangan basket harus memiliki dua backstop unit (unit ring) basket yang terdiri atas keranjang, jaring, papan, dan tiang.

BACA JUGA: Demi Bantu Brooklyn Nets Juara NBA 2020-2021, Kevin Durant Berharap Tak Cedera Lagi

Dalam pertandingan resmi, ukuran ring basket sendiri adalah 450-459 milimeter (mm). Ring harus dicat dengan warna oranye dan memiliki ketebalan 16-20 mm. Jarak titik terdekat ring dengan papan adalah 151 mm.

BACA JUGA: Jadwal Timnas Basket Indonesia di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

Sementara itu, untuk tiang penyangga, FIBA dalam aturannya mewajibkan semua tiang menancap secara permanen pada lantai atau menggunakan tiang yang mobile (bisa dipindahkan) dengan roda. Setiap tiang harus dilapisi warna cerah atau kontras dengan background belakang yang tentu saja berguna untuk membuat pemain melihat jelas keberadaan tiang.

Selain itu, ring basket juga tidak boleh bergerak jika terkena getaran. Sekalipun menggunakan tiang yang mobile, penyelenggara harus memastikan bahwa tiang tak bergerak. Hal itu bisa dilakukan dengan menambah beban di bagian bawah tiang penyangga.

Dengan sederet aturan ini, olahraga basket pun bisa dilakukan dengan lebih seru dan menarik. Kini, olahraga basket sendiri diketahui jadi salah satu yang populer di dunia.

Ring bola basket

Di Indonesia, ada ajang tahunan bergengsi yang digelar untuk cabang olahraga ini. Ajang tersebut bernama Indonesia Basketball League (IBL).

Sementara itu, di luar negeri, ada ajang basket paling terkenal yang bernama NBA. Ajang ini selalu menarik perhatian masyarakat dunia karena ada banyak pemain bintang yang berlaga di kompetisi paling bergengsi di Amerika Serikat itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini