GP Kanada Batal, F1 Tunjuk Turki sebagai Pengganti

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 29 April 2021 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 37 2402887 gp-kanada-batal-f1-tunjuk-turki-sebagai-pengganti-6hpAxzROu0.jpg Sirkuit Istanbul Park, Turki (Foto: Laman resmi F1)

ISTANBULFormula One (F1) menunjuk Turki sebagai tuan rumah seri ketujuh yang akan berlangsung pada 13 Juni 2021. Grand Prix (GP) Turki akan menggantikan Kanada yang semula masuk dalam jadwal kalender pada musim ini.

Akan tetapi, GP Kanada terpaksa dibatalkan karena adanya pembatasan perjalanan yang sangat ketat akibat Covid-19. Salah satunya dengan mewajibkan melakukan karantina bagi setiap orang yang datang ke Kanada.

Formula One

Tentu saja, hal ini sangat sulit bagi F1 untuk tetap melanjutkan GP Kanada. Sebab, satu minggu sebelum itu, seri keenam F1 2021 akan berlangsung di Sirkuit Baku, Azerbaijan. Karenanya, situasi itu tidak memungkinkan para pembalap jika mereka harus menjalani isolasi diri dengan estimasi 14 hari.

Baca juga Fernando Alonso Dikhawatirkan Bernasib Sama seperti Valentino Rossi di MotoGP

Keputusan ini telah dikonfirmasi langsung oleh pihak F1 melalui sang CEO dan presiden yakni Stefano Domenicali. Ia menyambut kembalinya Turki menjadi tuan rumah F1 musim ini dan berterima kasih kepada Kanada yang sudah berusaha sekuat tenaga mewujudkan balapan di Montreal.

Baca juga Bos Mercedes Jagokan Red Bull Juarai F1 2021

“Meskipun mengecewakan kami tidak bisa berada di Kanada musim ini, kami sangat senang bahwa Turki akan menjadi tuan rumah Grand Prix pada 2021 setelah balapan yang luar biasa musim lalu,” ucap Domenicali, melansir dari laman resmi F1, Kamis (29/4/2021).

“Saya tahu semua penggemar kami bersemangat dengan awal musim yang dramatis dan Turki adalah sirkuit hebat yang menghadirkan pertarungan hebat di lintasan,” tambahnya.

“Saya ingin berterima kasih kepada promotor dan pihak berwenang di Kanada atas semua upaya mereka dalam beberapa minggu terakhir, tetapi situasi perjalanan membuat rencana kami tidak mungkin terjadi,” lanjutnya.

“Saya juga ingin berterima kasih kepada promotor dan pihak berwenang di Turki atas kesediaan mereka untuk menyelenggarakan balapan Formula 1 yang menunjukkan minat besar pada olahraga kami dan harapan dari banyak lokasi untuk mengadakan Grand Prix,” sambungnya.

Formula One

“Kami telah melakukan percakapan yang sangat baik dengan semua promotor lainnya sejak awal tahun dan terus bekerja sama dengan mereka selama periode ini,” imbuhnya.

Pada musim lalu, Turki memang menjadi salah satu tuan rumah F1 dengan persiapan yang singkat pula. Kala itu, Istanbul Park menjadi balapan seri ke-14 dari 17 seri yang digelar pada F1 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini