Joan Mir Ungkap Satu Faktor yang Buat Marquez Bisa Gagal di Musim Ini

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Jum'at 23 April 2021 14:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 23 38 2399631 joan-mir-ungkap-satu-faktor-yang-buat-marquez-bisa-gagal-di-musim-ini-tOdVqu4a7S.jpg Joan Mir vs Marc Marquez. (Foto: MotoGP)

HAMAMATSU – Pembalap Tim Suzuki Ecstar, Joan Mir mengaku tahu satu faktor yang bisa saja menjadi penyebab Marc Marquez bisa gagal total di MotoGP 2021. Faktor itu terkait bisa atau tidaknya Marquez beradaptasi dengan motor RC213V keluaran 2021.

Mir menilai motor yang digunakan Marquez pada awal MotoGP 2020 dengan kuda besi yang dimiliki di musim ini sangatlah berbeda. Perbedaan itu jelas bisa menjadi penghambat untuk Marquez agar bisa kembali ke performa terbaiknya sebelum cedera pada Juli 2020 kemarin.

Menurut Mir, bila tidak cepat-cepat berhasil menguasai motor Honda keluaran 2021 itu, maka bisa saja Marquez semakin tertinggal dengan pembalap lainnya. Mir pun penasaran sanggupkah Marquez menaklukkan motor yang sudah sembilan bulan tak pernah ia kendarai.

Baca Juga: Kawauchi Akui MotoGP Portugal 2021 Bukan Balapan Mudah bagi Pembalap Suzuki

Marc Marquez

“Itu (MotoGP Portugal 2021) adalah tes pertamanya bersama Honda lagi. Satu hal yang pasti, motor tersebut jelas berbeda dengan motor yang pernah ia kendarai dulu. Segalanya kini menjadi lebih sulit untuknya,” terang Mir, seperti yang disadur dari Marca, Jumat (23/4/2021).

Kendati begitu, Mir sendiri yakin Marquez bisa mengatasi permasalahan adaptasi itu dengan cepat. Sebab dari balapan MotoGP Portugal 2021 saja, Mir sudah melihat penampilan Marquez sangat luar biasa.

Satu hal yang bikin Mir heran adalah ketika Marquez belum benar-benar 100 persen fit, namun nyatanya rider berjuluk The Baby Alien itu mampu finis di urutan ketujuh pada balapan seri ketiga MotoGP 2021 di Sirkuit Portimao.

Ketika belum fit 100 persen saja sudah sangat berbahaya, apalagi ke depannya. Sebab itulah Marquez mempredisikan rider asal Spanyol itu mampil tampil baik di sisa balapan MotoGP 2021.

“Saya sudah memperkirakan hasil itu (finis dengan baik) dari Marc (Marquez). Tampaknya sudah hampir benar-benar fit 100 persen. Dia sudah berhasil memperlihatkan penampilan comeback yang benar-benar kuat,” sambung Mir.

Marc Marquez

“Ketika dia belum benar-benar (pulih) 100 persen dan mampu melakukan pekerjaannya dengan baik, maka tak salah jika dia (Marquez) merupakan pembalap utama di Honda,” tutupnya.

Selanjutnya Mir akan menantikan aksi Marquez di balapan MotoGP 2021 selanjutnya, yang mana bakal terjadi di Sirkuit Jerez, Spanyol pada Minggu 2 Mei 2021. Mir pun memastikan Suzuki Ecstar takkan tertinggal dari Honda lagi karena mereka kini sudah menjadi lebih kuat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini