Soal Wacana Perubahan Sistem Skor 5x11, PBSI Sudah Siapkan Program Baru

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 17:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 40 2390974 soal-wacana-perubahan-sistem-skor-5x11-pbsi-sudah-siapkan-program-baru-0ZCCInokhf.jpg Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. (Foto: PBSI)

JAKARTA – Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, memberi tanggapan soal wacana perubahan sistem skor bulu tangkis menjadi 5x11. Munculnya wacaran ini membuat PBSI bersiap. Rionny pun mengaku sudah menyiapkan beberapa menu program latihan khusus untuk para atlet.

Rionny menjelaskan bahwa pihak PBSI sudah mulai melakukan perubahan latihan dari sekarang. Perubahan melingkupi penyesuaian dengan poin-poin kecil.

Rionny Mainaky

Hal ini dilakukan karena sistem skor 5x11 akan memberi tantangan tersendiri bagi para atlet. Dengan bermain di sistem skor 5x11 ini, Rionny menilai penting bagi para pemain untuk menjaga fokus sejak awal pertandingan. Jika telat ini, situasi yang berbahaya bisa dihadapi pemain.

“Untuk perubahan latihan, kami sudah mulai dari sekarang, menyesuaikan permainan dengan poin-poin kecil. Poin 11 atau poin tujuh. Latihan fokus dan konsentrasi utamanya,” ujar Rionny, sebagaimana dikutip dari laman resmi PBSI, Rabu (7/4/2021).

BACA JUGA: PBSI Tak Lakukan Perubahan Pelatih di Pelatnas Utama, Rionny Mainaky Berikan Alasan

“Tidak mudah memang karena berdasarkan yang saya lihat, khususnya pemain tunggal, kalau sudah menang dua gim lalu lawan mengambil gim ketiga, tekanan suka berbalik. Akhirnya kalah 3-2," jelas Rionny.

BACA JUGA: Hendra Setiawan Dukung Perubahan Sistem Skor 5x11

"Nanti tambahan dan pengembangan ada di teknik servis dulu. Karena kalau kita salah saja servis, di-fault misalnya, itu sudah membuang poin dan merugikan. Untuk program lain, saya dan tim pelatih masih menyusun dan mempelajari," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Indonesia dalam hal ini PBSI bersama Federasi Bulu Tangkis Maladewa resmi mengajukan usulan perubahan sistem skor pertandingan kepada Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) Usulan ini berisi perubahan sistem skor pertandingan menjadi 5x11.

Wacana perubahan sistem skor menjadi 5x11 sebenarnya sudah digaungkan BWF sejak 2018. Lewat Rapat Umum Tahunan, pihak BWF menyampaikan rencana mengubah sistem skor pertandingan dari 3x21 menjadi 5x11.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Kala itu, rencana perubahan sistem skor mendapat penolakan lantaran BWF mau menerapkan format secepat mungkin. Padahal saat itu, kualifikasi Olimpiade 2020 akan dimulai sehingga pemain dikhawatirkan tak punya banyak waktu untuk beradaptasi.

Kini, dukungan pun diberikan Indonesia karena sistem ini dinilai membawa dampak positif bagi kemajuan bulu tangkis. Bukan hanya bagi pemain, tetapi seluruh pihak yang terlibat di dalamnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini