Hendra Setiawan Dukung Perubahan Sistem Skor 5x11

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 05 April 2021 00:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 40 2389266 hendra-setiawan-dukung-perubahan-sistem-skor-5x11-Mser1p9538.jpg Hendra Setiawan. (Foto: PBSI)

JAKARTA – Pebulu tangkis spesialis nomor ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan, mendukung perubahan sistem skor 5x11. Menurutnya, sistem ini sangatlah positif.

Sebagaimana diketahui, Indonesia dalam hal ini Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) bersama Federasi Bulu Tangkis Maladewa resmi mengajukan usulan perubahan sistem skor pertandingan kepada Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) Usulan ini berisi perubahan sistem skor pertandingan dari 3x21 menjadi 5x11.

Hendra Setiawan

Wacana perubahan sistem skor menjadi 5x11 sebenarnya sudah digaungkan BWF sejak 2018. Lewat Rapat Umum Tahunan, pihak BWF menyampaikan rencana mengubah sistem skor pertandingan dari 3x21 menjadi 5x11.

BACA JUGA: Indonesia Ajukan Perubahan Sistem Skor 5x11 di Bulu Tangkis

Kala itu, rencana perubahan sistem skor mendapat penolakan lantaran BWF mau menerapkan format secepat mungkin. Padahal saat itu, kualifikasi Olimpiade 2020 akan dimulai sehingga pemain dikhawatirkan tak punya banyak waku untuk beradaptasi.

BACA JUGA: PBSI Tak Lakukan Perubahan Pelatih di Pelatnas Utama, Rionny Mainaky Berikan Alasan

Kini, dukungan pun diberikan Indonesia karena sistem ini dinilai membawa dampak positif bagi kemajuan bulu tangkis. Bukan hanya bagi pemain, tetapi seluruh pihak yang terlibat di dalamnya.

Hendra Setiawan pun memberi sambutan yang positif. Dia mengaku setuju dengan perubahan skor ini karena bisa mendatangkan hal positif, seperti menghemat stamina dan waktu jalannya pertandingan juga menjadi tak terlalu lama.

"Saya secara pribadi sih setuju saja dengan perubahan skor,” ujar Hendra Setiawan, sebagaimana dikutip dari laman resmi PBSI, Senin (5/4/2021).

“Kalau sampai diterapkan ini sangat positif karena pertandingan tidak akan terlalu lama dan stamina juga bisa dihemat,” lanjutnya.

“Tantangannya nanti menjadi fokus yang harus siap dari awal, tidak boleh telat panas," tukas Hendra Setiawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini