Share

Tercecer ke Posisi 12 MotoGP Qatar 2021, Valentino Rossi Salahkan Ban

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 04:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 38 2385624 tercecer-di-posisi-ke-12-valentino-rossi-salahkan-ban-9bEOJVtLWR.jpg Valentino Rossi. (Foto/Yamaha Petronas)

DOHA – Pembalap MotoGP Yamaha Petronas SRT, Valentino Rossi hanya bisa finis di urutan ke-12 pada seri perdana MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar, Senin (23/3/2021) dini hari. Juara dunia tujuh kali itu menyebut masalah ban yan membuat dia tercecer di posisi belakang.

Rossi memulai balapan dari possisi keempat. Namun, start yang buruk membuat dia disalip pembalap Ducati, Johann Zarco, Jack Miller, dan Jorge Martin.

Foto/Reuters

Sementara pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, tampil apik setelah menyusul para pembalap Ducati. Kemenangan Vinales ini sebenarnya cukup mengejutkan, karena pada awalnya Ducati diprediksi yang bakal mendominasi.

Baca juga: Penuhi Permintaan Valentino Rossi Dkk, Dokumenter MotoGP Langsung Digarap

Vinales dan Quartararo secara berurutan sempat menduduki posisi ketiga dan keempat. Akan tetapi, saat balapan menyisakan 11 lap lagi, Quartararo tak bisa mempertahankan tempatnya. Ia disalip oleh Jack Miller dan Alex Rins sehingga harus mundur ke posisi keenam.

Baca juga: 4 Kali Menang di Losail, Valentino Rossi Juara MotoGP Qatar 2021?

Sementara itu, Valentino Rossi justru mundur semakin jauh. Sempat berada di possisi ke-15, pembalap berusia 42 tahun itu akhirnya menyelesaikan balapan di urutan ke-12.

Rossi menjelaskan mengapa dia bisa tertinggal di belakang. Masalah ban belakang membuat dia tak bisa memaksimalkan kinerja mesin motornya.

"Kami pasti berharap lebih, terutama setelah kualifikasi kemarin," keluh Rossi mengutip Speedweek.

Foto/Twitter

“Saya mengalami banyak kesulitan dalam balapan. Setelah beberapa lap saya mengalami masalah dengan ban. Kami kemudian mencoba mengubah sesuatu, tetapi sayangnya kami tidak menyelesaikan masalah.”

“Setelah beberapa lap, ada masalah dengan ban belakang. Apa pun alasannya, saya terlalu membebani ban belakang, dan performa ban kemudian menurun. Setelah beberapa lap, saya tidak cukup cepat. Itu bukanlah balapan yang kami harapkan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini