Resmi Jadi Laki-Laki, Aprilio Perkasa Manganang Enggan Main Voli Lagi

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Jum'at 19 Maret 2021 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 43 2380518 resmi-jadi-laki-laki-aprilio-perkasa-manganang-enggan-main-voli-lagi-U9zeot2BFm.jpg Aprilia Manganang (Foto: Instagram/@manganang92)

JAKARTA - Pengadilan Negeri Tondano meresmikan Aprilia Santini Manganang menjadi seoraang laki-laki. Dalam sidang pergantian identitas diri itu, hakim menyetujui Aprilia mengubah namanya menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

Aprilio mengaku sangat senang karena jati dirinya sudah jelas, yaitu laki-laki sejati. Baginya, menjadi laki-laki adalah hal yang sudah ia tunggu sejak lama sehingga dia sangat bersyukur.

Andika Perkasa dan Aprilia Manganang (Foto: Okezone/Rivan Nasri Rachman)

Aprilio juga bahagia karena mampu bertahan selama 28 tahun ini menjadi seorang perempuan. Kini, ia pun sudah tak sabar untuk menjalani kehidupan barunya sebagai laki-laki.

Tentu menarik menantikan apa yang akan dilakukan Aprilio selanjutnya. Apakah dia akan mencoba hal baru atau justru kembali bermain voli lagi?

BACA JUGA: Resmi Jadi Laki-laki, Aprilio Perkasa Manganang: Ini yang Saya Tunggu-Tunggu

Ternyata Aprilio hanya ingin fokus mengabdi sebagai prajurit. Ia siap mengabdi sebagai anggota TNI angkatan darat dan sanggup ditempatkan di mana pun.

BACA JUGA: Hakim Ketuk Palu! Resmi Jadi Laki-Laki, Aprilia Manganang Ganti Nama Jadi Aprilio Perkasa Manganang

"Saya berterima kasih kepada pak KSAD (Jenderal TNI Andika Perkasa) dan Ibu KSAD serta para dokter yang membantu saya dan memberikan dukungan. Ke depan mungkin saya tetap fokus ke ke posisi saya sebaga sebagai seorang prajurit angkatan Darat di mana pun nanti saya ditempatkan, " ujar Aprilio.

Aprilio memang sejak lama mempertanyakan identitas dirinya yang sejak dulu diklaim sebagai perempuan. Awalnya, saat kecil, Aprilio menerimanya, tetapi ia semakin ragu akan sisi kewanitaannya seiring bertambahnya usia.

Singkat cerita, kelainan Aprilio mendapatkan  perhatian TNI, tempatnya mengabdi sejak 2016 silam. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa pun membantu Aprilio agar kelainan Hipospadia ini bisa ditangani dengan baik.

 Aprilia Manganang (Foto: Bagja)

Setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh, diketahui Aprilio memang laki-laki. Sebab, ia memiliki hal-hal yang hanya dimiliki oleh seorang pria, seperti penis dan buah zakar. Tim dokter Aprilio juga menemukan prostat yang hanya dimiliki laki-laki. Bahkan, aprilio tak memiliki hal-hal yang seharusnya dimiliki perempuan.

Dengan hasil pemeriksan itu, Aprilio kini dinyatakan sebagai laki-laki. Ia pun sudah resmi menjadi pria di mata hukum karena telah lolos persidangan identitas diri oleh Pengadilan Negeri Tondano.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini