Lanang Jadi Calon Nama Baru untuk Aprilia Manganang

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 43 2380026 lanang-jadi-calon-nama-baru-untuk-aprilia-manganang-AC1uSHeyV4.jpg Aprilia Manganang. (Foto: Instagram/@manganang92)

JAKARTA – Mantan atlet voli putri Indonesia, Aprilia Manganang, dapat saran nama baru dari Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Hetty Andika Perkasa. Saran nama yang diberikan kepada Aprilia ialah Lanang.

Sebagaimana diketahui, Aprilia Manganang memang berencana mengganti namanya setelah status gendernya dinyatakan sebagai pria. Kabar ini disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa.

Aprilia Manganang

Aprilia dinyatakan sebagai pria usai melakukan pemeriksaan medis pada 3 Februari 2021. Dalam pemeriksaan itu, atlet kelahiran Tahuna, Sulawesi Utara, tersebut dinyatakan mengalami kelainan hipospadia.

Kelainan ini merupakan kondisi langka ketika lubang kencing penis ada pada bagian bawah dan bukan di ujung. Kebanyakan kelainan ini tidaklah parah. Tetapi, kasus Aprilia termasuk kategori 10 persen yang serius sehingga butuh penanganan khusus.

BACA JUGA: Potret Kebersamaan Aprilia Manganang dengan Amasya Manganang yang Tak Kalah Macho

Mendengar keinginan Aprilia Manganang untuk mengubah namanya, Hetty Andika Perkasa yang merupakan istri dari KSAD pun memberikan saran. Saran nama ‘Lanang’ pun disampaikannya langsung kepada Aprilia Manganang.

BACA JUGA: Intip Foto-Foto Keren Aprilia Manganang saat Berolahraga

Hetty menyampaikan bahwa nama ‘Lanang’ yang diberikannya ini merupakan sebuah doa. Memiliki makna lelaki, dia berharap Aprilia Manganang bisa menjadi seorang pria sejati.

"Saya ingin memberi nama untuk Manganang, kalau Manganang mau. Mau saya kasih nama?" ujar Hetty kepada Aprilia saat berbincang bersama yang disiarkan dalam channel Youtube resmi TNI AD.

"Siap, mau,” jawab Aprilia Manganang kepada Hetty.

"Saya kasih namanya dengan doa. Jadi saya kasih nama Manganang, Lanang. Lanang itu lelaki. Itu bahasa Jawa. Jadi saya berharap dengan nama Lanang ini, Manganang menjadi lelaki sejati," jelas Hetty.

Aprilia Manganang

"Saya kemarin bilang ke bapak (Andika Perkasa), saya ingin bapak mendidik Lanang, untuk menjadi lelaki yang bisa jadi kebanggaan saya. Memilih nama ini tidak gampang, karena ini doa saya, mendoakan kamu, supaya menjadi lelaki sejati,” lanjutnya.

“Lelaki sejati sesuai kodrat Tuhan untuk kamu, karena kamu lahir sebagai lelaki. Saya dan bapak ingin membantu kamu untuk menjalani apa yang Tuhan lahirkan kamu sebagai laki-laki," tukas Hetty.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini