5 Pernyataan Berllian Marsheilla soal Aprilia Manganang, Nomor 2 Tarik Perhatian

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 43 2377953 5-pernyataan-berllian-marsheilla-soal-aprilia-manganang-nomor-2-tarik-perhatian-r2sbUoxtOE.jpg Aprilia Manganang (Foto: Instagram/@manganang92)

JAKARTA – Mantan pevoli putri Tanah Air, Berllian Marsheilla, telah angkat bicara tentang status gender Aprilia Manganang yang ternyata seorang pria. Sebagai mantan pemain yang pernah menjadi rekan setim Aprilia di tim voli putri, Berllian mengaku tak menyesalkan kondisi tersebut.

Berllian justru merasa bersyukur bahwa salah satu teman dekatnya untuk bisa mengungkapkan jati dirinya. Lalu respons apa saja yang dikeluarkan oleh Berllian untuk menanggapi status gender Aprilia Manganang sebagai pria?

Baca juga Aprilia Manganang Ternyata Pria, Rekan Setim Voli Putri Janji Takkan Menjauh

Berikut lima pernyataan Berllian Marsheilla soal Aprilia Manganang, yang terungkap dalam channel Youtube miliknya.

Baca juga Aprilia Manganang Rajin Berbagi Kalimat Penyemangat, Berikut Kutipannya

5. Lega

Ketika Aprilia diumumkan sebagai seorang pria, Berllian mengaku tidak merasakan kekecewaan. Ia justru merasa lega karena Aprilia akhirnya bisa menemukan jati dirinya setelah selama ini merasa terbelenggu dengan keadaannya.

“Yang pasti aku sangat, sangat, sangat bangga sama adik aku, Aprilia Manganang sangat support banget, karena akhirnya dia berani untuk memilih jati diri sebenarnya, dan itu semua enggak gampang,” ungkap Berllian.

“Bayangin kalian dari dia lahir sampai detik ini, dia menanggung beban itu sendirian, dia menjadi agak orang yang sedikit tertutup, karena ada masalah yang memang dia pendam sendiri, dan bayangin itu enggak mudah,” sambungnya.

Aprilia Manganang

4. Beri Pembelaan

Setelah pengumuman Aprilia dinyatakan sebagai laki-laki, banyak hinaan dan cacian yang datang kepada pria asal Sulawesi Utara. Salah satunya adalah tentang kondisi Aprilia yang disebut menang banyak karena bisa dekat dengan teman-teman wanita di tim voli putri. Namun begitu, Berllian kemudian pasang badan.

“Banyak yang masuk kolom komentar dalam Youtube aku tentang ‘wah menang banyak dong Aprilia Manganang selama ini peluk peluk cewe’. Hmm dibilang menang banyak gimana ya, sekarang kalian memposisikan diri seorang Aprilia Manganang saat terlahir, dokter dan semua orang tahunya dia perempuan,” ungkap Berllian.

“Tapi dia merasa diri dia itu ‘saya bukan perempuan’, tapi situasi orang memperlakukan dia perempuan, bagaimana menurut kalian? Itu berat banget, mungkin kalau kita di posisinya dia kita enggak akan bisa sekuat ini,” ucapnya.

Aprilia Manganang

3. Pilih Balik Badan saat Ganti Baju Bareng

Berllian mengatakan bahwa Aprilia sosok yang sopan. Hal itu ia ketahui saat Aprilia memilih untuk tidak melakukan ganti baju bersama dengan pemain putri lainnya. Bahkan pada salah satu momen, Aprilia memilih untuk berbalik badan.

“April termasuk yang sangat sopan sekali karena mungkin dia tahu punya sesuatu yang berbeda dengan kita. Ketika kita ganti baju, ketika kita di satu ruangan, atau kalau perempuan mungkin biasa mandi bareng, nah April selalu memisahkan diri,” ucap Berllian.

“Dia selalu berganti baju di tempat yang lain, di ruangan tersendiri, dan kalaupun seandainya bareng-bareng, dia selalu balik badan trus dia buru-buru ganti baju dan dia duluan keluar, baru kita dipersilahkan untuk ganti baju,” imbuhnya.

Aprilia Manganang

2. Tidak Pernah Menstruasi

Salah satu pernyataan mengejutkan datang dari Berllian tentang kondisi Aprilia selama ini. Ia pun mengungkapkan bahwa Aprilia tidak pernah merasakan menstruasi.

“Kalau dibilang ada merasa perbedaan atau enggak (April bukan perempuan), itu ada, karena dengan bentuk badannya (walaupun ada juga perempuan dengan bentuk tubuh seperti itu), cuma memang dari awal kenal, April itu tidak menstruasi,” ungkap Berllian.

“Terus dia pernah nanya ke aku, ‘kak kalau misalnya aku suntik hormon perempuan, bisa enggak ya April menstruasi, bisa enggak ya dada April tumbuh segala macam,” sambungnya.

Aprilia Manganang

1. Bersyukur Pernah Mengenal Aprilia sebagai Wanita

Sebagai teman dekat, Berllian tentu tidak akan menyesali pernah mengenal Aprilia. Meski saat itu, ia tidak mengetahui bahwa Aprilia adalah lelaki, tetapi ia tetap senang bisa berbagi waktu dan pengalaman dengan Aprilia.

“Menyesal enggak sih, baru tahu Aprilia Manganang (laki-laki), karena sudah tidur bareng, mandi bareng, atau ganti baju segala macam, (kalau saya) masa bodoh,” ungkap Berllian.

“Kalau saya terima kasih Tuhan, Kamu telah memberi waktu bisa mengenal dia sebagai wanita, bisa berjuang bareng, bisa galau-galauan bareng dulu, jadi saya merasa berterima kasih kepada Tuhan karena diberi waktu bisa dekat dengan dia, dan bisa berjuang bareng,” lanjutnya.

Aprilia Manganang

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini