Aprilia Manganang Rajin Berbagi Kalimat Penyemangat, Berikut Kutipannya

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 04:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 43 2377712 aprilia-manganang-rajin-berbagi-kalimat-penyemangat-berikut-kutipannya-EP2jUUxDW6.jpg Aprilia Manganang setelah pensiun (Foto: Instagram/@manganang92)

NAMA Aprilia Manganang tengah bikin heboh belakangan ini. Sebab, mantan atlet voli andalan Tanah Air itu resmi dinyatakan sebagai seorang laki-laki. Selama ini, mantan atlet berusia 28 tahun itu menyandang status sebagai perempuan.

Kehebohan soal status jenis kelamin Aprilia Manganang kembali mencuat pada tengah pekan ini. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa, memastikan Aprilia Manganang adalah seorang pria, berdasarkan pemeriksaan terakhir.

Baca juga: Berllian Marsheilla Bersyukur Pernah Mengenal Aprilia Manganang sebagai Wanita

Konfirmasi dari KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa itu lantas memicu kehebohan. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa Aprilia Manganang menderita kelainan bernama hipospadia. Kelainan itu menyebabkan paramedis mengiranya berjenis kelamin perempuan saat dilahirkan.

Aprilia Mangangang (Foto: IG/@manganang92)

Kelainan hipospadia menyebabkan lubang kencing pada alat vital Aprilia Manganang terletak di bawah, alih-alih di ujung. Dikarenakan keterbatasan pengetahuan dan kurangnya kelengkapan alat medis di tempat kelahirannya dahulu, Aprilia lantas dinyatakan sebagai perempuan.

Baca juga: Aprilia Manganang Ganteng Maksimal Pakai Batik, Netizen: Paspamres Lewat

Aprila Manganang, yang berpangkat Sersan Dua (Serda) TNI Angkatan Darat, sempat dilantik sebagai seorang perempuan. Setelah melewati tes yang difasilitasi TNI pada Februari 2021, status alat kelaminnya kini menjadi jelas.

Kebingungan soal kondisi itu mungkin saja membuat Aprilia Manganang tertekan sepanjang kariernya sebagai pevoli. Namun, ia tidak menyerah. Lewat unggahan-unggahan di akun Instagram, mantan atlet kelahiran Tahuna, Sulawesi Utara, itu rajin berbagi kalimat penyemangat.

“Hidup hanya sekali jadi jalanin dan disyukuri,” tulis Aprilia Manganang di akun Instagram @manganang92.

“Apa yang kita inginkan belum tentu Tuhan kehendaki karena rencana Tuhan sangat luar biasa buat kita,” kata Aprilia Manganang pada unggahan lainnya.

Aprilia Mangangang rajin fitness (Foto: IG/@manganang92)

“Mulai berpikir untuk menjalanin suatu proses yang baik ke depan. Apa yang terjadi sebelumnya jadikan pelajaran dan kedepan perbaiki semuanya. Hidup itu perlu disyukuri,” tutup Aprilia.

Dengan kejelasan statusnya, Aprilia Manganang kini bisa menata hidup yang lebih baik. Apalagi, dirinya sudah terdaftar sebagai anggota TNI.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini