Quartararo Khawatir dengan Kecepatan Ducati di Qatar

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 05:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 38 2377713 quartararo-khawatir-dengan-kecepatan-ducati-di-qatar-nomaBU2qfG.jpg Fabio Quartararo pamer ruang kerja baru (Foto: Twitter/@FabioQ20)

LOSAIL – Sirkuit Internasional Losail di Qatar memang menjadi tempat yang ramah bagi motor-motor Ducati. Hal itu memunculkan kekhawatiran pada diri Fabio Quartararo. Pembalap Tim Monster Energy Yamaha itu mewaspadai gebrakan para pembalap Ducati pada seri perdana mendatang.

Rangkaian Tes Pramusim MotoGP 2021 telah selesai dilakukan di Losail pada Jumat 12 Maret malam WIB. Dari dua kali tes tersebut (6-7 dan 10-12 Maret 2021), Jack Miller dari Tim Ducati Corse menempati urutan teratas dalam hal catatan waktu.

Baca juga: Raih Hasil Apik di Tes Pramusim MotoGP 2021, Quartararo Siap Unjuk Gigi di Seri Perdana

Pembalap berkebangsaan Australia itu menorehkan waktu satu putaran tercepat 1 menit 53,183 detik. Jack Miller unggul 0,061 detik dari pembalap tercepat kedua, Maverick Vinales. Sementara itu, Fabio Quartararo menempati posisi tiga dengan selisih 0,080 detik.

Jorge Martin melaju di Qatar saat gelap (Foto: MotoGP)

Faktor yang membuat Jack Miller bisa melesat dengan kencang di Losail adalah kecepatan puncak motor Ducati. Kuda besi milik pabrikan asal Italia itu memang dikenal punya tenaga besar yang menguntungkan pada trek lurus panjang.

Baca juga: Marquez Diprediksi Kehilangan Kehebatannya Usai Cedera, Quartararo Tak Percaya

Sekadar informasi, trek lurus di Sirkuit Internasional Losail bisa mencapai 1 kilometer (km). Panjangnya lintasan lurus itu sangat menguntungkan para penunggang motor Ducati.

Wajar apabila kemudian Fabio Quartararo khawatir dengan kecepatan Jack Miller dan koleganya. Pembalap asal Prancis itu bertekad untuk menghadapi keunggulan Ducati dengan pikiran positif pada seri perdana, MotoGP Qatar 2021, 28 Maret mendatang.

“Di trek ini, jelas iya. Sedangkan di Jerez (Spanyol) dan Le Mans (Prancis), tidak terlalu. Di sini, trek lurusnya mencapai lebih dari 1 kilometer. Jadi, kami sedikit khawatir,” papar Fabio Quartararo, dilansir dari Crash, Senin (15/3/2021).

“Kami tidak bisa menambah tenaga mesin jadi kami harus berjuang keras. Jika mulai berpikir tentang tenaga mesin Ducati, kami sudah langsung kehilangan fokus,” sambung pembalap berjuluk El Diablo itu.

Fabio Quartararo melaju di Sirkuit Internasional Losail (Foto: Twitter/@YamahaMotoGP)

Kekhawatiran Fabio Quartararo kian menjadi jika melihat riwayat Ducati di Sirkuit Internasional Losail. Sebab, Ducati mampu merebut kemenangan pada dua balapan terakhir di Qatar, yakni pada 2018 dan 2019 lewat Andrea Dovizioso.

Pun begitu, Yamaha juga punya sejarah yang bagus di Qatar. Tim berlogo garpu tala itu menyabet delapan kemenangan sejak GP Qatar digelar pada 2004. Itu berarti, peluang pembalap-pembalap Yamaha untuk menang cukup terbuka lebar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini