Termasuk Mohammad Ahsan, 5 Pebulu Tangkis Ini Pilih Hijrah dan Perdalam Agama Islam

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 07 Maret 2021 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 07 40 2373773 termasuk-mohammad-ahsan-5-pebulu-tangkis-ini-pilih-hijrah-dan-perdalam-agama-islam-9tZOWXQDGV.jpg Mohammad Ahsan (Foto: Instagram @king.chayra)

MERAIH prestasi dalam sebuah turnamen tak lantas membuat seseorang merasa menemukan ketenangan hati. Karena pada faktanya, terdapat sejumlah atlet yang mencoba mencari ketenangan tersebut dengan memperdalam ilmu agama.

Di Indonesia sendiri, ternyata terdapat sejumlah pebulu tangkis yang memutuskan untuk berhijrah dengan lebih memperdalam agama Islam. Bahkan, ada juga yang memutuskan menjadi mualaf karena menganggap Islam sebagai agama yang memberikan ketenangan.

Baca juga: 5 Atlet Muslim Tersukses dalam Sejarah Olahraga, dari Zidane hingga Khabib Nurmagomedov

Berikut ini adalah lima pebulu tangkis Tanah Air yang memutuskan untuk berhijrah:

5. Adriyanti Firdasari

Adriyanti Firdasari (Foto: Instagram @firdasari)

Adriyanti Firdasari merupakan mantan pebulu tangkis nasional yang bermain di nomor tunggal putri. Meski begitu, Firdasari memutuskan untuk berhijrah dan lebih banyak mendalami agama Islam.

Terhitung sejak 2016, Firdasari memantapkan hati untuk menutup auratnya dengan cara berhijab. Pada saat itu, Firdasari diketahui sudah pensiun sebagai pemain bulu tangkis.

4. Dinar Dyah Ayustine

Dinar Dyah Ayustine (Foto: Djarum Badminton)

Firdasari tentunya tidak sendirian, terdapat juga nama Dinar Dyah Ayustine yang memutuskan untuk berhijrah dan mengenakan hijab. Sejak pertengahan 2018, Dinar mulai terlihat bertanding dengan menutup auratnya, yakni menggunakan manset dan kerudung.

Pada saat itu, Dinar sempat mengakui bahwa ia masih mencoba belajar untuk menjadi Muslim yang taat. Alhamdulillah, langkah Dinar pun dimudahkan dalam berhijrah.

3. Rian Agung Saputro

Rian Agung Saputro (Foto: Instagram @abi.omarhulya)

Tidak hanya dari kaum Hawa, pebulu tangkis nomor ganda putra, Rian Agung Saputro, juga memutuskan untuk berhijrah. Salah satu cirinya dapat dilihat ketika Rian bertanding, di mana ia mengenakan manset kaki untuk menutupi auratnya.

Tidak hanya itu, adab Rian ketika sedang beristirahat pun menjadi sorotan. Sebab, Rian minum sambil duduk, sesuai dengan sunnah Rasulullah Muhammad SAW.

2. Maria Febe

Maria Febe (Foto: Instagram @mariafebe13)

Maria Febe sejatinya lahir di keluarga Kristen. Meski begitu, sejak kecil Maria sudah merasakan kesenangan dan ketenangan setiap kali mendengar suara azan. Hal itulah yang membuatnya tertarik pada Islam.

Masuk Pelatnas membuat Maria semakin dekat dengan Islam. Pasalnya, ia bisa lebih sering berinteraksi dengan rekan-rekannya yang menganut agama Islam. Melalui bantuan dari seorang ustadz yang adalah kenalan dari temannya di Pelatnas, Maria pun mengucapkan dua kalimat syahadat pada 2013.

1. Mohammad Ahsan

Mohammad Ahsan

Berbicara soal pebulu tangkis Indonesia yang hijrah, nama Mohammad Ahsan tentunya tidak bisa dilupakan begitu saja. Hijrahnya Mohammad Ahsan mulai terlihat jelas ketika tampil pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis pada 2017.

Dalam turnamen yang digelar di Glasgow, Skotlandia, itu, Ahsan pasalnya tampil berbeda dengan menggunakan manset kaki guna menutup auratnya. Selain itu, Ahsan juga tidak minum sambil berdiri lagi sebagaimana yang disunnahkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.

Bagian yang paling mengejutkan adalah ketika Ahsan menolak untuk menjabat tangan wasit perempuan, karena bukan muhrimnya. Meski pada awalnya perubahan Ahsan ini menimbulkan kontroversi, namun kini orang-orang sudah memahaminya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini