5 Atlet Muslim Tersukses dalam Sejarah Olahraga, dari Zidane hingga Khabib Nurmagomedov

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 43 2372161 5-atlet-muslim-tersukses-dalam-sejarah-olahraga-dari-zidane-hingga-khabib-nurmagomedov-VOvbPHI6HC.jpg Khabib Nurmagomedov. (Foto: UFC)

SEJUMLAH atlet Muslim di dunia berhasil menorehkan karier yang sukses di cabang olahraga masing-masing. Bahkan, beberapa di antaranya berhasil menyabet banyak gelar juara di sepanjang kariernya.

Kesuksesan ini membuat nama para atlet Muslim tersebut pun kian tersohor di dunia. Siapa saja atlet-atlet Muslim tersebut? Berikut lima atlet Muslim tersukses dalam sejarah olahraga.

BACA JUGA: Sosok Mohammad Ahsan di Mata sang Istri: Saleh

BACA JUGA: Intip Kehangatan Keluarga Islami Lindswell Kwok saat Liburan di Pantai

5. Zinedine Zidane

Salah satu atlet Muslom tersukses dalam sejarah olahraga ialah Zinedine Zidane. Kiprahnya di dunia sepakbola memang sudah tak perlu diragukan lagi. Tak hanya sukses menjadi pemain, Zidane juga berhasil mengukir karier fantastis sebagai pelatih.

Zinedine Zidane

Saat menjadi pemain, Zidane berhasil mengantar Prancis meraih gelar juara di Piala Dunia pada 1998 dan kampiun Piala Eropa pada 2000. Beragam pencapaian manisnya juga terlihat di kancah klub. Kini saat menjadi pelatih, dia membawa Real Madrid meraih berbagai gelar juara bergengsi, salah satunya tiga titel Liga Champions.

4. Kareem Abdul-Jabbar

Nama legenda basket NBA, Kareem Abdul-Jabbar, juga meramaikan daftar atlet Muslim tersukses dalam sejarah olahraga. Pebasket asal Amerika Serikat ini sendiri diketahui merupakan seorang mualaf. Dia mengucap kalimat syahadat pada 1971.

Kareem Abdul Jabbar

Kareem Abdul-Jabbar memutuskan menjadi mualaf tepat sehari setelah meraih gelar juara NBA bersama Milwaukee Bucks. Keputusan itu dibarengi dengan perubahan namanya dari Lew Alcindor menjadi Kareem Abdul Jabbar.

Dalam kariernya di dunia basket, dia tak hanya menyegel gelar juara NBA, tetapi juga menorehkan pencapaian manis secara individu. Kareem mencatatkan namanya sebagai pebasket dengan poin terbanyak sepanjang masa. Dia mencetak 38.387 poin.

3. Marat Safin

Kemudian, ada nama Marat Safin. Petenis Muslim asal Rusia ini merupakan salah satu terbaik di dunia pada era 90-an hingga awal 2000. Safin meraih beragam gelar juara di turnamen bergengsi.

Marat Safin

Beberapa gelar juara yang berhasil disaebutnya adalah Amerika Serikat Open 2000 dan Australian Open 2005. Safin juga membawa harus nama Rusia di ajang Piala Davis dengan mengantar negara tersebut menjadi juara dunia kali, yakni pada 2002 dan 2006.

2. Muhammad Ali

Selanjutnya datang dari dunia tinju. Ada legenda tinju dunia, yakni Muhammad Ali. Dia berhasil menorehkan karier yang begitu fantastis dengan membukukan 56 kemenangan dari 61 pertarungan tinju.

Muhammad Ali

Ali sama seperti Kareem Abdul Jabar yang merupakan seorang mualaf. Tetapi, dia lebih dahulu memeluk agama Islam, yakni pada 1964. Dia juga mengubah namanya setelah memeluk agama Islam, menjadi Muhammad Ali dari Cassius Marcellus Clay.

1. Khabib Nurmagomedov

Terakhir, ada nama Khabib Nurmagomedov. Khabib bisa dibilang menjadi salah satu atlet Muslim yang namanya sangat tersohor di dunia olahraga. Dia sendiri menggeluti karier sebagai petarung MMA dan mentas di ajang UFC.

Khabib Nurmagomedov

Petarung asal Rusia ini telah menjadi salah satu sosok yang populer di dunia UFC karena prestasi manis yang berhasil diukirnya. Khabib berhasil mengukir catatan fantastis dengan merebut 28 kemenangan. Salah satu kemenangannya bahkan diraih kala menghadapi petarung kontroversial, Conor McGregor.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini