Diikuti Sekira 820 Orang, Vaksinasi Covid-19 Atlet Tahap Pertama Digelar di Istora Senayan 26 Februari

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2021 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 43 2367635 diikuti-sekira-820-orang-vaksinasi-covid-19-atlet-tahap-pertama-digelar-di-istora-senayan-26-februari-2knDSpschj.jpg Menpora RI, Zainudin Amali. (Foto: Kemenpora)

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, memastikan vaksinasi Covid-19 untuk atlet, pelatih, dan tim pendukung (ofisial) siap digelar pada Jumat 26 Februari 2021 mulai pukul 08.00 WIB. Vaksinasi akan dilakukan di Istora Senayan, Jakarta.

Zainudin Amali mengatakan ada sekira 820 atlet, pelatih, dan ofisial yang akan melakukan vaksinasi Covid-19 pada tahap pertama. Atlet-atlet tersebut berasal dari beragam cabang olahraga.

Penentuan atlet yang mengikuti tahap pertama vaksinasi Covid-19 ini berdasarkan dengan kegiatan yang akan mereka lakukan. Atlet, pelatih, dan ofisial yang terdadaftar di vaksinasi Covid-19 tahap pertama dipastikan bakal berkompetisi baik di dalam ataupun luar negeri.

BACA JUGA: Politisi Terobos Antrean Vaksinasi, Bank Dunia Ancam Hentikan Bantuan untuk Lebanon

Menpora Zainudin Amali

“Jadi, pada Jumat pagi sekira jam 08.00, kita akan melaksanakan vaksin terhadap atlet, pelatih, dan pendukung (ofisial). Untuk tahap pertama ini, kita masih batasi untuk atlet, pelatih, dan pendukung yang akan melakukan kegiatan, baik dalam negeri maupun persiapan untuk luar negeri,” jelas Zainudin Amali dalam konferensi pers virtual, Rabu (24/2/201)

BACA JUGA: Beragam Cerita Seru Guru dan Dosen Usai Divaksin Covid-19

“Vaksinasi itu terdiri dari cabor-cabor yang kita sudah inventarisasi. Jumlahnya kira-kira sekira 820-an. Tempatnya akan kita lakukan di GBK, tepatnya di Istora Senayan,” lanjutnya.

“Karena pesertanya banyak dan kita masih dalam kondisi pandemi, kita harus tetap menjaga protokol kesehatan, physical distancing kita terapkan, jadi tidak ada desak-desakan,” jelas Zainudin Amali.

Zainudin Amali pun menjelaskan bahwa vaksinasi Covid-19 untuk atlet, pelatih, dan ofisial akan berlanjut ke tahap-tahap berikutnya. Nantinya, lokasi takkan lagi terpusat seperti yang dilakukan pada Jumat 26 Februari 2021.

Proses vaksinasi Covid-19 untuk atlet, pelatih, dan ofisial tahap berikutnya rencananya dielar di daerah-daerah tempat atlet berada. Dengan begitu, pihak Kemenpora akan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar bisa menjangkau atlet-atlet berbagai belahan provinsi.

Para pebulu tangkis Indonesia

“Untuk tahap berikutnya, kita akan sesuaikan, mungkin di mana atlet itu berada, kita akan kondisikan ke daerah-daerah. Jadi, tidak terpusat seperti pada Jumat di Jakarta,” jelas Zainudin Amali.

“Tahapan selanjutnya vaksinasi untuk atlet, pelatih, dan pendukung direncakan bisa menjangkau mereka yang akan ikut PON, yang berada di provinsi-provinsi. Tentu kami akan berkoordinasi dengan Kemenkes di tingkat pusat, nanti Kemenkes yang akan menyampaikan ke dinas-dinas kesehatan di provinsi atau kabupaten dan kota,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini