Petinju Ini Sempat Sujud Syukur Sebelum Tahu Aslam Khan Sedang Sekarat

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 43 2355880 petinju-ini-sempat-sujud-syukur-sebelum-tahu-aslam-khan-sedang-sekarat-QyqxbAI7w6.jpg Petinju asal Pakistan, Muhammad Aslam Khan. (Foto: Express)

KARACHI – Duel tinju Muhammad Aslam Khan vs Wali Khan Tareen berujung tragis pada Minggu 31 Januari 2021 kemarin. Sebab dalam duel yang dimaksudkan menggalang dana untuk amal tersebut, justru membuat Aslam meregang nyawanya usai beradu tinju dengan Tareen.

Aslam yang dibuat KO oleh pukulan telak Tareen ke arah muka petinju berusia 27 tahun itu awalnya sempat membuat dirinya terkapar. Tareen pun terlihat senang karena berhasil membuat Alsam jatuh tak berdaya.

Bahkan saking senangnya sekaligus merasa bersyukur, Tareen sampai melakukan sujud syukur usai memastikan kemenangannya tersebut. Tapi, tak disangka setelah Tareen berdiri dari momen sujud syukur itu, Aslam tak juga berdiri atau duduk.

Keadaan ring pun mulai ramai mengerubungi Aslam. Nahasnya, tak ada pihak medis di dekat ring tinju pertarungan tersebut. Akibat tak mendapatkan pertolongan pertama, Aslam pun meninggal ketika sudah dibawa ke rumah sakit di daerah Karachi.

Baca Juga: Petinju Muhammad Aslam Meninggal Usai KO, Amir Khan Salahkan sang Lawan

Momen Tareen sujud syukur usai buat Aslam KO. (Foto: ABPLive)

Kabar meninggalnya Aslam pun langsung tersebar ke seluruh daratan Pakistan. Sebagai seorang petinju yang masih berusia 27 tahun, Aslam sebenarnya memang cukup terkenal.

Hal itu dapat dibuktikan dengan banyaknya orang yang hadir di pemakaman Aslam pada Senin 1 Februari 2021 kemarin. Bahkan di antara yang datang ada beberapa yang berasal dari kalangan politik dan juga selebritas.

Aslam Khan yang diketahui merupakan bagian dari Komisi Pemilihan Umum Pakistan membuatnya memiliki banyak kenalan dari kalangan politisi. Lalu dari sisi dunia tinju, Aslam Khan dikabarkan sudah memulai karer tinju pada 2007 dan dalam satu dekade dirinya berhasil memenangkan gelar nasional dan beberapa turnamen.

Kepergian Aslam Khan jelas meninggalkan luka yang amat mendalam bagi dunia tinju di Pakistan. Namun, kasus itu sepertinya akan diselidiki lebih lanjut. Sebab tampaknya ada kelalaian dari pihak penyelenggara sehingga Aslam harus meninggal usai bertarung tinju.

Menurut laporan The Sun, Rabu (3/2/2021), kelalaian pertama jelas karena tak adanya pihak medis di pinggir ring. Padahal, pertarungan tinju adalah sebuah olahraga yang berbahaya dan memerlukan kehadiran pihak medis untuk berjaga-jaga.

Muhammad Aslam Khan

Kelalaian selanjutnya adalah, diduga acara tersebut tak memiliki izin untuk melakukan pertarungan tinju. Bahkan dari pemilihan lawannya pun juga disebut sudah sangat salah. Sebab Tareen tak selevel kelasnya dengan Aslam, alias Tareen memiliki berat badan yang jauh lebih besar ketimbang Aslam.

Hal itu yang dilihat dari petinju profesional asal Inggris, Amir Khan. Ia merasa Tareen terlalu besar untuk menjadi lawan Aslam Khan. Dengan perbedaan ukuran berat badan itu, pukulan Tareen jelas terlalu besar untuk dihadapi Aslam Khan.

“Dalam pertarungan tinju itu (Aslam vs Tareen), lawannya terlihat lebih berbobot (lebih berat) ketimbang sang almarhum,” jelas Amir Khan, dikutip dari Urdupoint, Rabu (3/2/2021).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini