Cara-Cara Memegang Lembing, Apa Saja?

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 03:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 43 2348077 cara-cara-memegang-lembing-apa-saja-09HowyErtM.jpg Lempar lembing. (Foto: Bleacher Report)

CARA melempar lembing ternyata tidak sembarangan. Seperti namanya, olahraga tersebut adalah suatu kegiatan yang memiliki tujuan melempar lembing sejauh mungkin untuk bisa menjadi yang terbaik.

Lembing sendiri adalah suatu benda yang berbentuk seperti tombak dengan sudut tajam di salah satu ujungnya. Nantinya lembing itu bakal dilempar sejauh mungkin oleh sang atlet dan dinilai seberapa jauh lemparannya.

Tentunya siapa pun yang dapat melempar paling jauh, maka akan menjadi pemenang di olahraga tersebut. Untuk dapat mencapai jarak yang sangat jauh, para atlet tentunya memiliki sejumlah cara untuk memegang lembing.

Tepatnya ada tiga cara yang biasanya digunakan par atlet untuk melempar lembing. Ketiga cara itu adalah cara lembing Finlandia, memegang ala Amerika, dam cara memegang lembing dengan menjempitnya.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Lempar Lembing

Lempar Lembing

Untuk yang pertama, yakni melempar lembing ala Finlandia, hal yang pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat lembing diletakkan pada telapak tangan, dan dengan ujung atau mata lembing serong hampir menuju arah badan.

Setelah itu posisikan jari tengah memegang tepian atau pangkal ujung dari tali bagian belakang atau dilingkarkan, dibantu dengan ibu jari di letakkan pada tepi bagian belakang dari pegangan dan pada badan lembing.

Jari telunjuk harus lemas ke belakang membantu menahan badan lembing. Sedangkan jari-jari yang lainnya turut memegang lilitan pegangan di atasnya dalam keadaan lemas. Dengan cara Finlandia ini, jari tengah dan ibu jari yang memegang peranan penting untuk mendorong tali pegangan pada saat melempar.

Lalu cara kedua, untuk melakukan lemparan lembing cara Amerika, sang atlet harus meletakkan lembing pada telapak tangan dengan ujung atau mata lembing serong hampir menuju ke arah badan.

Kemudian jari telunjuk memegang tepian atau pangkal dari ujung tali bagian belakang lembing, dibantu dengan ibu jari di letakkan pada tepi bagian belakang dari pegangan dan pada badan lembing serta dalam keadaan kurus.

Lempar Lembing

Sedangkan ketiga jari lainnya berimpit dan renggang dengan jari telunjuk turut membantu dan menutupi lilitan tali lembing. Jadi, dengan pegangan cara Amerika ini jari telunjuk dan ibu jari memegang peranan mendorong tali pegangan lembing pada saat melempar.

Terakhir, yakni melempar lembing dengan cara menjempit, sebelum melepaskan lembingnya, sang atlet hanya perlu menjepitkan lembing diantara dua jari tengah dan jari telunjuk sedangkan jari-jari lainnya memegang biasa.

Jadi, begitulah kurang lebih tiga cara dalam melempar lembing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini