Daftar Permainan Bola Besar, Apa Saja?

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 19:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 43 2328259 daftar-permainan-bola-besar-apa-saja-eN6eNRKAGW.jpg Olahraga Basket (Foto: Ilustrasi)

PERMAINAN bola besar sering dimainkan oleh masyarakat pada umumnya. Sebab, olahraga yang memiliki kategori dalam permainan bola besar begitu populer.

Untuk olahraga ini, permainannya menggunakan bola berukuran diameter lebih dari 50cm. Olahraga ini biasanya dimainkan secara kelompok dan tentu saja dimainkan di dalam lapangan. Lalu olahraga apa saja yang termasuk dalam permainan bola besar.

Sepakbola

Jenis olahraga yang pertama adalah sepakbola. Semua orang jelas mengenal jenis permainan ini. Sepakbola sudah sangat populer. Permainan ini dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari 11 pemain. Tujuan dari permainan ini adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan.

Olahraga kedua adalah bola basket. Sama seperti sepakbola, olahraga ini juga cukup dikenal untuk kalangan masyarakat umum. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari lima orang pemain. Tujuan dari permainan ini adalah mendapatkan poin sebanyak-banyaknya dengan memasukkan bola ke dalam ring lawan.

Baca juga Lama Permainan Bola Basket Menghabiskan Waktu Berapa Menit? Ini Penjelasannya

Selain itu, ada voli. Untuk sebagian besar masyarakat Indonesia sudah cukup mengenal olahraga voli. Permainan ini bisa dilangsung di dalam atau luar ruangan. Olahraga ini mulai diciptakan pada 1895 ole William G. Morgan.

Lanjut, ada futsal yang kini sedang naik daun di Indonesia. Olahraga ini mirip dengan sepakbola, tetapi versi mininya. Uniknya, nama futsal sendiri berasal dari bahasa Spanyol yang terdiri dari dua kata yakni Futbol dan Sala. Futbol berarti sepakbola dan Sala adalah ruangan. Sehingga futsal adalah sepakbola dalam ruangan.

Berikutnya ada nama olahraga bola tangan. Sepakbola ini hampir mirip dengan sepakbola. Kedua tim yang saling berlawanan akan mencetak gol ke gawang lawan. Akan tetapi, jika sepakbola menggunakan tangan, untuk olahraga yang satu ini memakai tangan.

Permainan lainnya adalah bowling. Olahraga ini tidak terlalu populer di Indonesia. Tujuannya adalah melempar bola untuk menjatuhkan 10 pin yang disusun dalam bentuk segitiga. Olahraga ini biasanya dimainkan di dalam ruangan.

Polo Air

Lalu, ada polo air. Jika olahraga lainnya berada di lapangan atau tanah, untuk yang satu ini dimainkan di air. Olahraga ini dimainkan mirip seperti bola tangan, hanya saja arenanya adalah di dalam air, sehingga para pemain juga harus ahli dalam berenang.

Tentu saja, permainan olahraga permainan bola besar tidak hanya itu saja. Ada pun yang lain seperti rugby, sepakbola pantai, dan voli pantai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini