IOC Hukum Dua Lifter Peraih Medali Olimpiade 2012

Antara, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 07:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 43 2317078 ioc-hukum-dua-lifter-peraih-medali-olimpiade-2012-7WLlLaR3jy.jpg Olimpiade (Foto: Reuters)

KOMITE Olimpiade Internasional (IOC) sangat tegas menindak atlet yang menggunakan doping saat berkompetisi. Teranyar, IOC mencoret dan mendiskualifikasi dua lifter asal Rumania dari keikutsertaannya di Olimpiade 2012.

Dikutip dari Reuters, kedua atlet itu, yakni lifter putri Roxana Cocos yang memenangkan medali perak kategori 69 kilogram dan lifter putra Razvan Martin peraih medali perunggu kategori 69 kilogram. Mereka terbukti positif atas penggunaan zat stanozolol dalam sampel tes ulang yang diminta oleh IOC.

Olimpiade (Foto: Reuters)

Selain Cocos dan Martin, lifter pria asal Rumania Gabriel Sincraian yang tidak menyelesaikan lomba dalam kategori 85 kilogram Olimpiade London 2012 juga didiskualifikasi setelah hasil tesnya menunjukkan positif penggunaan zat stanozolol. Ketiga atlet itu harus menerima sanksi yang diberikan oleh federasi angkat besi internasional (IWF).

IOC secara teratur menyimpan dan meminta ratusan sampel tes ulang dari Olimpiade sebelumnya sebagai salah satu upaya membasmi kecurangan dalam olahraga. Ratusan sampel tersebut kemudian dicek kembali dengan menggunakan metode pengujian yang terbaru.

BACA JUGA: Sederet Pahlawan Indonesia di Bidang Olahraga

Jika hasilnya positif, itu akan menjadi kabar buruk bagi IWF karena berpotensi kehilangan slot pada Olimpiade 2024 di Paris. Hal itu bisa dihindari jika pihak federasi bersedia merombak programnya.

Sementara itu, sebuah investigasi independen terhadap IWF, yang dilakukan pada awal tahun ini oleh profesor hukum asal Kanada Richard McLaren, menemukan adanya tindak korupsi dalam federasi tersebut. Korupsi itu bahkan menyeret mantan presiden Tamas Ajan.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini