Joan Mir Bocorkan Perubahan Besar yang Buatnya Sukses di MotoGP 2020

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 08:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 38 2316360 joan-mir-bocorkan-perubahan-besar-yang-buatnya-sukses-di-motogp-2020-JgHissaPbu.jpg Pembalap Tim Suzuki Ecstar, Joan Mir. (Foto: Twitter/JoanMirOfficial)

HAMAMATSU – Tak ada yang menyangka Joan Mir bakal menjadi juara MotoGP 2020. Pembalap Suzuki Ecstar itu secara tiba-tiba muncul di pertengahan musim dan berhasil tampil konsisten hingga akhirnya jadi juara meski hanya memenangkan satu seri balapan saja.

Tentu banyak yang bertanya-tanya apa yang terjadi dengan Mir sampai bisa tampil seluar biasa itu. Apalagi pada awal musim semua pembalap tak ada yang merasa Mir sebagai pesaing terkuat untuk meraih gelar juara MotoGP 2020.

Mir pada akhirnya mengungkapkan rahasia perubahan besar yang membuatnya tampil baik di musim ini. Selain masalah ia yang dapat tampil konsisten, Mir mengaku jauh lebih kuat di akhir balapan.

Baca Juga: Gagal Sabet Triple Crown, Bos Suzuki Tak Ambil Pusing

Joan Mir

Jadi, setiap balapan memasuki lap-lap akhir, Mir bisa tampil lebih baik ketimbang rider lainnya. Tak heran Mir lebih sering menyalip pembalap-pembalap yang berada di depannya ketika race sudah ingin berakhir.

Faktor peningkatan di akhir balapan itulah yang membuat Mir tampil baik di musim ini. Ia mampu memilih ban dengan sangat baik dan pandai dalam menghemat ban sehingga di akhir mampu tampil sangat cepat.

Faktor meningkatnya motor GSX-RR milik Suzuki di MotoGP 2020 pun juga berperan besar. Maka tak heran tak hanya Mir saja yang tampil baik, namun rekan setimnya, Alex Rins juga memperlihatkan performa yang menjanjikan dan berhasil finis di peringkat ketiga pada klasemen akhir MotoGP 2020.

“Pada tes pramusim saya sudah merasa sangat kuat untu bersaing memperebutkan lima besar disetiap balapannya. Perbedaan besar yang saya rasakan ketimbang musim lalu mungkin kini saya lebih kuat di akhir balapan,” kata Mir, sepert yang dilansir dari GPOne, Kamis (26/11/2020).

“Kami memang mendapatkan hasil yang buruk, seperti di Jerez dan Brno, di mana saya seperti sudah menyentuh dasar. Namun, kami bangkit saat tiba di Austria dan saya merasa semakin kompetitif,” tambahnya.

Fakta menarik Joan Mir

“Saya meraih podium pertama saya di sana (MotoGP Austria 2020), dan dari momen tersebut, sekali pun saya masih ragu, kami pergi ke Misano dengan melihat saya yang semakin cepat. Pada saat itu saya merasa kami mungkin bisa mengakhiri musim dengan berada di tiga besar,” lanjut rekan setim Alex Rins itu.

“Pada bagian akhir musim ini, saya mendapatkan tekanan untuk memperjuang gelar juara dunia MotoGP, namun juga agar tidak sampai sakit agar tidak tersingkir dari persaingan,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini