Valentino Rossi: Hukuman 4 Tahun Merenggut Alasan Andrea Iannone untuk Hidup

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 14 November 2020 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 38 2309329 valentino-rossi-hukuman-4-tahun-merenggut-alasan-andrea-iannone-untuk-hidup-mTrm3o0QL3.jpg Andrea Iannone dihukum empat tahun (Foto: MotoGP)

VALENCIA - Hukuman larangan membalap selama empat tahun yang diterima Andrea Iannone terus menuai simpati. Terbaru, Valentino Rossi menilai durasi hukuman tersebut terasa seperti keabadian. Tak tanggung-tanggung The Doctor menyebut hukuman itu merenggut alasan The Maniac Joe untuk hidup.

Seperti diketahui, Andrea Iannone diputus bersalah melakukan doping pada akhir 2019. Ia diduga sengaja menggunakan zat terlarang drostanolon yang masuk lewat makanan pada MotoGP Malaysia 2019, November tahun lalu.

Federasi Balap Motor Internasional (FIM) lantas menjatuhkan larangan membalap selama 18 bulan kepada Andrea Iannone terhitung sejak 17 Desember 2019. Jika dihitung, pembalap berusia 30 tahun itu akan absen dari Kejuaraan Dunia MotoGP hingga pertengahan musim 2021.

Baca juga: Dovizioso Ungkap Alasan Tolak Aprilia untuk Gantikan Iannone

Valentino Rossi bersama kru Yamaha

Sayangnya, Badan Anti-Doping Dunia (WADA) mengajukan banding kepada Pengadilan Arbitrase Olahraga Internasional (CAS). Mereka mendesak agar CAS menambah hukuman dari 18 bulan menjadi empat tahun. Banding itu dikabulkan CAS pada Selasa 10 November 2020 malam WIB.

Tambahan durasi hukuman itu menuai pro kontra di kalangan pembalap MotoGP. Valentino Rossi menilai hukuman itu terlalu lama. Bahkan, CAS dan WADA seakan merenggut alasan Andrea Iannone untuk menjalani hidup sehari-hari.

“Saya benar-benar menyesal untuknya. Empat tahun adalah waktu yang panjang. Itu terasa seperti keabadian. Hukuman 18 bulan bahkan sudah terasa terlalu berat buat saya,” ujar Valentino Rossi, mengutip dari Corse di Moto, Jumat (14/11/2020).

“Menurut saya, apa yang dirasakan Andrea Iannone sekarang, dia tidak bisa pergi ke sirkuit bersama teman-teman. Mereka sudah merenggut alasannya untuk menjalani hidup. Saya sangat dekat dengannya,” tutup pria asal Italia itu.

Hukuman empat tahun memaksa Andrea Iannone menepi hingga setidaknya Desember 2023. Ia akan berusia 33 tahun saat selesai menjalani hukuman. Karena itu, banyak yang meyakini karier Andrea Iannone praktis berakhir.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini