Ini Alasan Khabib Selalu Gunakan Topi Wol Pirang Sebelum Bertarung

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 10:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 43 2303214 ini-alasan-khabib-selalu-gunakan-topi-wol-pirang-sebelum-bertarung-c6K8ys44Zu.jpg Khabib Nurmagomedov. (Foto: Twitter/UFC)

DAGESTAN Khabib Nurmagomedov telah memutuskan untuk pensiun dari ajang seni bela diri campuran (MMA). Ia memilih untuk mengakhiri kariernya usai memenangkan pertarungan melawan Justin Gaethje di UFC 254 yang berlangsung pada Minggu 25 Oktober 2020.

Tentunya kabar pensiunnya Khabib itu langsung menghebohkan dunia, khususnya bagi para pencinta ajang bertarung MMA, apalagi UFC. Sebab Khabib bisa dikatakan salah satu petarung yang sangat fenomenal.

Kini para penikmat UFC takkan lagi melihat petarung yang memakai ciri khas topi wol pirang ketika hendak bertarung. Ya, topi wol pirang atau yang dikenal dengan nama papakha itu memang bisa dikatakan telah menjadi ciri khas dari petarung asal Rusia tersebut.

Baca Juga: Kalah dari Khabib, Strategi Justin Gaethje Tak Berjalan Lancar

Khabib Nurmagomedov

Lantas mengapa Khabib selalu menggunakan papakha ketika sebelum naik ke atas oktagon? Alasannya karena ia sejak awal ingin memperlihatkan sebuah ciri khas dari negara asalnya, yakni Rusia dan juga tentu sebagai indentitas diri.

Menariknya, ide untuk menggunakan papakha itu terjadi sesaat sebelum Khabib hendak pergi ke Amerika Serikat (AS) untuk melakoni pertarungan perdananya di ajang UFC, yakni ketika akan melawan Kamal Shalorus pada Januari 2012 silam.

Menurut laporan dari media di Rusia, Sport Express, Selasa (3/11/2020), ide itu tercipta ketika sang manajer, Shamil Kardanov, menyarankan Khabib untuk membawa sesuatu ke AS sebagai identitas diri. Karena dadakan dan ia pada saat itu sudah berada di Bandara Makhachkala lantaran ingin ke Moskow, maka Khabib pun langsung berpikir untuk membeli papakha.

“Khabib harus membayar uang sebesar 3000 rubbel (sekira Rp577 ribu) untuk membeli sebuah papakha berwarna putih gading,” bunyi pernyataan dari media Sport Express, Selasa (3/11/2020).

Papakha sendiri adalah sebuah topi yang terbuat dari wol dan memang merupakan ciri khas dari tempat Khabib berasal, yakni di Dagestan, Rusia. Topi papakha sendiri tepatnya adalah topi khas Suku Avar, yang merupakan salah satu suku yang berada di Dagestan.

Jadi, karena ingin memberikan identitas diri bahwa dirinya berasal dari wilayah Dagestan itulah Khabib pada akhirnya memilih untuk menggunakan papakha sebagai sebuah aksesoris sebelum bertarung.

Kini papakha sudah mulai dikenal dunia berkat Khabib yang selalu mengenakannya sebelum bertarung. Sayang, pengguna papakha di ajang UFC itu kini telah berhenti dari ajang seni bela diri campuran tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini