Dovizioso Tahu Penyebab Mir Bisa Tampil Begitu Cepat di MotoGP 2020

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 08:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 38 2296991 dovizioso-tahu-penyebab-mir-bisa-tampil-begitu-cepat-di-motogp-2020-fIod9ygKBz.jpg Pembalap Tim Suzuki Ecstar, Joan Mir. (Foto: Twitter/SuzukiOfficial)

SPIELBERG Andrea Dovizioso kagum dengan perkembangan Joan Mir di MotoGP 2020. Namun, ia menilai semua itu dapat terjadi karena Mir mengendarai motor Suzuki yang makin lama semakin kompetitif.

Menurut Dovizioso, motor Suzuki telah berkembang sangat pesat, terutama di titik-titik tertentu. Dovizioso melihat motor GSX-RR itu mengalami peningkatan yang jauh lebih baik di bagian pengereman, tikungan dan traksi, yang mana kini menjadi sangat kuat sehingga memungkinkannya untuk meniadakan defisit tenaga.

Gara-gara hal itulah motor Suzuki dapat tampil lebih cepat dari Ducati. Terutama saat mencoba keluar dari tikungan. Dengan mampu melaju cepat saat ingin keluar dari tikungan maka penggunaan ban belakang pun dapat diminimalisirkan.

Baca Juga: Dovizioso Bakal Curi Data Zarco demi Hasil yang Baik di GP Teruel

Joan Mir

Dengan jarangnya tak memaksimalkan kinerja ban belakang saat di tikungan, maka membuat kondisi ban masih baik-baik saja ketika balapan memasuki lap-lap terakhir.

Dapat menghemat kondisi ban hingga akhir lap jelas sangat menguntungkan Mir. Hal tersebutlah yang membuat Suzuki tampil baik di akhir balapan.

“Saya pikir mereka (motor Suzuki) sangat bagus dalam pengereman, sangat mirip dengan kami, jauh lebih baik di tengah tikungan. Akselerasinya tidak sebagus kami, tapi mereka bisa keluar dengan kecepatan lebih,” ujar Dovizioso, mengutip dari GPOne, Rabu (21/10/2020).

“Saat Anda keluar dengan kecepatan lebih, Anda tidak bisa menggunakan ban belakang terlalu banyak, tidak perlu mengangkat (motor) dan menggunakan tenaga karena Anda membuat kecepatan di tengah tikungan,” imbuh Dovizioso.

Sementara Ducati, Dovizioso mengatakan Desmosedici tak bisa melakukan apa yang dilakukan motor Suzuki. Jadi, bagi Dovizioso motor Suzuki hampir sama dengan Ducati, tapi lebih andal ketika berada di tikungan.

Andrea Dovizioso

Sedangkan Desmosedici hanya unggul dalam hal akselerasi di lintasan yang lurus. Jadi, bagi Dovizioso motor Ducati bukan berarti lebih buruk dari motor Suzuki.

“Jadi, menurut saya mereka menggunakan ban lebih sedikit, itulah alasan mengapa Alex Rins dan Joan Mir sangat bagus di akhir balapan,” sambung pembalap asal Italia tersebut.

“Kami dapat berakselerasi lebih banyak dari tengah lintasan lurus hingga akhir, tetapi jika Anda kehilangan beberapa kilometer pada bagian pertama akselerasi, dibutuhkan banyak meter untuk dapat mengejar Suzuki karena Anda kehilangan kecepatan,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini