Doohan Nilai Sikap Honda Prioritaskan Marc Marquez Sudah Tepat

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 38 2293251 doohan-nilai-sikap-honda-prioritaskan-marc-marquez-sudah-tepat-QFboj7gxlS.jpg Marc Marquez meninjau motor RC213V (Foto: Twitter/@HRC_MotoGP)

GOLD COAST – Eks juara dunia MotoGP (500cc), Mick Doohan, menilai keputusan Honda mengembangkan motor sesuai keinginan Marc Marquez bukan sebuah kesalahan. Sebab, The Baby Alien adalah satu-satunya pembalap yang bisa menyumbangkan kemenangan.

Tudingan soal Honda yang hanya mau mendengarkan masukan Marc Marquez dalam mengembangkan motor kembali mengemuka awal Oktober 2020. Penyebabnya adalah komentar kepala kru Alex Marquez, Ramon Aurin, yang notabene adalah rekan setim sang juara dunia MotoGP 2019.

Dalam pernyataan kepada media Spanyol, Motosan, Ramon Aurin menjelaskan Honda membangun RC213V sesuai dengan keinginan Marc Marquez. Salah satunya adalah dengan menambah berat di bagian belakang agar sang pembalap nyaman ketika mengerem keras dengan rem belakang.

Baca juga: Rebut Podium Pertama di Le Mans, Alex Akui Terima Bantuan dari Marquez

Marc Marquez melaju di Sirkuit Jerez (Foto: Honda Racing Corporation)

Menurut Mick Doohan, apa yang sudah dilakukan oleh Honda adalah hal yang wajar. Apabila pembalap selain Marc Marquez kesulitan menaklukkan motor RC213V, itu bukan kesalahan sang pembalap, apalagi Honda.

“Honda membangun motor sesuai keinginan Marc. Dia adalah pembalap tercepat dan satu-satunya yang bisa menang balapan,” papar Mick Doohan, dikutip dari Motorsport Total, Rabu (14/10/2020).

“Langkah tersebut sudah tepat. Jika pembalap lain tidak bisa menaklukkan motor RC213V, itu bukan kesalahan mereka atau juga Honda,” tutup pria berkebangsaan Australia tersebut.

Lebih lanjut, Mick Doohan mengungkap pengalamannya menaklukkan motor Honda. Menurutnya, sejak dulu motor Honda memang selalu sulit untuk dikendarai. Bahkan, tidak semua pembalap yang dipercaya menunggangi motor dapat menaklukkannya.

“Honda selalu menjadi motor yang sulit dikendarai. Di masa lalu, tidak semua pembalap dapat memahami seperti apa karakteristik motor. Namun, saya tidak yakin Honda adalah motor yang buruk,” urai Mick Doohan.

“Sangat jelas mereka mengembangkan motor untuk Marc. Itu adalah hal yang wajar karena dia adalah pembalap yang dominan,” tutup juara dunia MotoGP lima kali tersebut.

Pendapat Mick Doohan itu senada dengan yang disampaikan Marc Marquez beberapa waktu lalu. Ia menyebut sudah menjadi filosofi Honda untuk membangun motor sesuai keinginan mereka. Tugas pembalap adalah memahami dan mencoba beradaptasi untuk mendapat hasil terbaik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini