Podium di Prancis Bukti Honda Tak Salah Pilih Alex Marquez

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 08:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 38 2293250 podium-di-prancis-bukti-honda-tak-salah-pilih-alex-marquez-4dqTThj5ee.jpg Alex Marquez merayakan bersama kru tim (Foto: Honda Racing Corporation)

LE MANS – Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, puas dengan keberhasilan Alex Marquez naik podium pada MotoGP Prancis 2020 akhir pekan lalu. Ketika segalanya berjalan dengan baik, adik dari Marc Marquez itu mampu melesat bagaikan roket untuk membungkan semua kritik.

Sebagaimana diberitakan, Alex Marquez sukses mencatatkan podium pertama di kelas MotoGP akhir pekan lalu. Pria asal Spanyol itu berhasil finis kedua pada balapan basah di Sirkuit Bugatti, Le Mans, setelah start dari posisi 18.

Kemampuan balap Alex Marquez perlahan berkembang dengan baik. Sempat terpuruk pada awal musim, pembalap berusia 23 tahun itu mampu menunjukkan peningkatan. Podium di GP Prancis menjadi bukti perkembangan positif sekaligus kapasitas sang pembalap.

Baca juga: Alex Tak Sabar Asapi Muka Marquez di Balapan MotoGP

Alex Marquez berhasil naik podium di Prancis (Foto: Honda Racing Corporation)

Podium pertama yang diraih Alex Marquez di kelas premier itu turut membuat Repsol Honda bahagia. Alberto Puig mengatakan, sang pembalap berhasil menunjukkan kepada publik alasan tim balap tersukses itu mengontraknya pada akhir Kejuaraan Dunia MotoGP 2019.

“Alex butuh waktu untuk menemukan ritme balapnya. Ketika semuanya berjalan baik, Anda bisa melihat dia melesat bagaikan roket. Sekali dirinya berhasil menemukan kecepatan, kita bisa melihat finis di lima besar dan podium sebagai target,” tutur Alberto Puig, dikutip dari laman resmi Honda Global, Rabu (14/10/2020).

“Kami sangat senang dan bahagia dengan apa yang dicapainya, terutama karena banyak yang meragukan keputusan kami merekrutnya. Sepertinya, semua orang kini melihat apa yang kami lihat ketika memilih bekerja dengannya pada tahun ini dan tahun depan,” sambung pria asal Spanyol itu.

Honda Racing Corporation (HRC) memang seakan berjudi ketika mengontrak Alex Marquez untuk ditempatkan di tim pabrikan Repsol Honda. Sebab, masih ada dua pembalap yang lebih berpengalaman seperti Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami yang membela LCR Honda.

Walau begitu, HRC dan Repsol Honda sangat percaya dengan kemampuan Alex Marquez. Menurut Alberto Puig, pembalap bernomor motor 73 itu selalu bersikap profesional sepanjang Kejuaraan Dunia MotoGP 2020. Bahkan, ia tidak henti belajar memahami seluk beluk motor RC213V.

“Alex Marquez adalah juara dunia dua kali dan sudah menunjukkan sikap profesional sepanjang tahun ini, seturut dengan proses dan selalu mau belajar. Dia memiliki dasar yang bagus dan pekan ini kami mendapatkan penghargaan pertama dari proyek bersamanya,” tutup Alberto Puig.

Kini, Alex Marquez sudah melupakan keberhasilan di Le Mans. Ia menatap balapan berikutnya di Sirkuit Motorland Aragon, Alcaniz, Spanyol, dengan optimis. Alex bertekad untuk memperbaiki hasil pada babak kualifikasi, yang akan membantunya finis setinggi mungkin saat balapan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini